Kisah Anak-anak Presiden Soeharto yang gemar berbisnis

Sabtu, 22 November 2014 10:20 Reporter : Idris Rusadi Putra
Kisah Anak-anak Presiden Soeharto yang gemar berbisnis ilustrasi soeharto. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap anak presiden punya kisahnya masing-masing. Anak-anak Presiden Soeharto terkenal dengan kerajaan bisnisnya.

Dengan kuasa sang Ayah semua urusan fulus selalu lebih lancar. Cerita mengenai bisnis keluarga Soeharto memang bergaung hingga tingkat di dunia. Bahkan, majalah TIME di tahun 1999 pernah khusus membahas kekayaan Soeharto dan kroni-kroninya.

Hutomo Mandala Putra atau yang lebih dikenal dengan Tommy Soeharto merupakan anak yang paling getol berbisnis. Bisnis yang paling terkenal adalah PT Timor Putra Nasional yang bergerak dalam bidang otomotif.

Kemudian, Tommy juga sempat terjun ke bisnis otomotif. Dia mendirikan PT Timor Putra Nasional yang bergerak di bidang industri mobil, yakni Teknologi Industri Mobil Rakyat (Timor) Indonesia. Sayangnya, nasib mobil nasional itu tak semulus Proton di Malaysia. Timor hilang karena kalah populer dibanding mobil buatan Jepang.

Bisnis itu semakin terpuruk karena dilanda krisis Asia di tahun 1999 yang juga meruntuhkan rezim sang Ayah. Sebelum mengembangkan bisnis mobil itu Soeharto memberikan monopoli cengkeh kepada Tommy, yang waktu itu banyak merugikan para petani di tahun 1990.

Namun demikian, bisnis pangeran Cendana itu tetap menggurita. Dia dikenal sebagai pemilik dan pengendali Grup Humpuss yang didirikan pada 1984. Kini, Humpuss menjadi induk perusahaan (holding company) yang memiliki beberapa unit usaha selain menangani lini bisnis sendiri. Bisnisnya berkibar di berbagai bidang mulai dari energi, batu bara, petrokimia dan transportasi.

Perusahaan-perusahaan Tommy itu di antaranya; PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Trading, PT Humpuss Aromatik, PT Humpuss Pengolahan Minyak, PT Humpuss Karbometil Selulose, PT Gatari Air Service, PT Usaha Gemilang Utama, PT Kaltim Methanol Industri, PT Sekar Artha Sentosa, PT Humpuss Intermoda Transportasi.

Selain Humpuss, konon Tommy juga melebarkan bisnis bidang properti di Bali. Dia mengembangkan 5 properti di kawasan Pecatu Indah Resort, Jimbaran, Bali. Kawasan itu mengintegrasi sejumlah properti, yakni Klapa Entertainment, Green Park, New Kuta Golf, New Kuta Kondotel, dan New Kuta Hotel Resort yang dikelola jaringan bisnis PT Lor International H. [ian] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Anak Anak Presiden
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini