Kemenpora Serahkan Penghargaan ke Pelaku Olahraga Difabel

Jumat, 11 Oktober 2019 23:08 Reporter : Arie Sunaryo
Kemenpora Serahkan Penghargaan ke Pelaku Olahraga Difabel Plt Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga Kemenpora Sutiknyo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyerahkan penghargaan kepada para pelaku olahraga khususnya difabel yang dinilai telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Penyerahan piagam dan uang dilakukan oleh Plt Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, Kemenpora, Sutiknyo, di kantor pusat National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Jalan Ir Sutami, Solo, Jumat (11/10).

Menurut Sutiknyo, penghargaan tersebut diberikan berkat prestasi yang ditorehkan para atlet dalam single event Para-Badminton serta dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional setiap tanggal 9 September.

"Penghargaan ini secara rutin kita berikan saat Haornas. Kemarin di Banjarmasin baru secara simbolis, kami dengan tim datang ke NPC memberikan penghargaan kepada pelaku olahraga. Bukan saja kepada atlet, tapi juga pelatih yang berprestasi di level regional dan internasional," ujarnya.

Penghargaan yang diberikan, lanjut dia, berupa piagam maupun uang. Untuk yang level yunior, uang diberikan dalam bentuk beasiswa sesuai dengan jenjang pendidikan atlet. Ada juga uang kesejahteraan dan bonus, tergantung dari kategori masing-masing atlet.

"Intinya adalah pemerintah ingin selalu hadir memberikan suport kepada pelaku-pelaku olahraga agar berprestasi lebih baik lagi," katanya.

Ke depan ada event Asean Paragames, dan Paralympiade. Ia berharap penghargaan tersebut bisa sebagai pemicu para atlet dan pelatih untuk berprestasi dilevel yang lebih tinggi.

Untuk juara dunia diberikan penghargaan sebesar Rp240 juta per medali. Untuk satu atlet yang mendapatkan lebih dari satu medali, jumlah uangnya tinggal diakumulasi. Untuk Haornas, jumlah uang yang diberikan tidak seperti bonus yang cukup besar. Uang tersebut sifatnya hanya untuk penyemangat.

"Untuk atlet Rp40 juta, untuk pelatih Rp30 juta," katanya.

Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun menyambut baik penghargaan tersebut. Ia berharap ke depan, negara melalui Kemenpora melakukan hal yang sama agar bisa memberikan motivasi terhadap para atlet. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini