Kekerasan Terhadap Anak Makin Marak, Ini Saran Puti Guntur untuk Orang Tua

Minggu, 29 September 2019 23:35 Reporter : Dedi Rahmadi
Kekerasan Terhadap Anak Makin Marak, Ini Saran Puti Guntur untuk Orang Tua Puti Guntur. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebagian besar anak selalu menjadi korban dalam kekerasan yang dilakukan oleh orang tua. Padahal, anak merupakan pondasi dasar dalam menciptakan generasi penerus tangguh, berdaya saing unggul dan kompeten.

Puti Guntur Soekarno Putri, Dewan Pengawas Yayasan Anak Masa Depan Indonesia (AMDI) menyampaikan perihal cara mengatur emosi dari pengalaman. Sebagai seorang ibu, Puti memulai dengan melihat kebiasaan anak, kemudian cara berkomunikasi hingga pertemanannya.

"Kendalikan dini kemarahan di depan anak kita, tenangkan diri, selanjutnya ajak anak berdialog," kata Puti dalam diskusi berserial yang mengangkat tema 'Mengatur Emosi Orang Tua' di Aula SD Budi Mulia, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Sabtu, (28/9).

Zaman now, lanjut Puti, didik anak selalu dengan kasih sayang dan berikan kepercayaan. "Mengatur emosi orang tua merupakan salah satu upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Pemahaman ini sangat penting karena, tidak sedikit orang tua tidak memahami masalah ini sehingga terjerumus kekerasan anak. Oleh sebab itu, diskusi publik ini setidaknya akan menambah wawasan dan pengetahuan orang tua, bagaimana menjadi orang tua yang mampu mengelola emosi dalam mendidik anak," tambah dia.

Ketua Yayasan AMDI Clara Tampubolon menuturkan acara ini merupakan salah satu program Yayasan AMDI dalam rangka upaya mencegah kekerasan anak yang hingga kini masih belum disadari oleh orang tua.

"Acara ini dalam waktu bersamaan juga di gelar kegiatan mendongeng di halaman sekolah dengan menghadirkan pendongeng Moch Awam Prakoso. Anak-anak sibuk mendengarkan dongeng sementara orang tua mereka mengikuti diskusi untuk menambah wawasan tentang pola asuh anak yang tepat," ujar Clara. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini