Kasus Dugaan Korupsi Rp34 M, Adik Eks Gubernur Sulsel Tidak Penuhi Panggilan Polisi

Senin, 17 Juni 2019 17:09 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Kasus Dugaan Korupsi Rp34 M, Adik Eks Gubernur Sulsel Tidak Penuhi Panggilan Polisi Ilustrasi Korupsi. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo alias None, adik kandung eks Gubernur Syahrul Yasin Limpo tidak memenuhi panggilan pertama dari penyidik Polrestabes Makassar, Senin, (17/6). Dia sedianya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kapal latih untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) senilai Rp34 miliar.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko menjelaskan, Irman Yasin Limpo alias None itu tidak memenuhi panggilan penyidik karena berada di Singapura. Sehingga dia minta ke penyidik untuk dijadwalkan ulang.

"Yang bersangkutan (Irman) tidak penuhi panggilan karena sementara berada di Singapura jenguk kakaknya yang tengah sakit, Ichsan Yasin Limpo (eks Bupati Gowa). Dan kita teliti, ada surat izinnya dari Gubernur Sulsel," kata Indratmoko.

Selain Irman, di jadwal yang sama diagendakan juga pemeriksaan Ruslim (60) yang bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di proyek itu.

Bagi Ruslim, pemanggilannya hari ini merupakan ketiga kalinya. Kata Indratmoko, penyidik telah menelusuri keberadaan Ruslim dengan mendatangi kediaman. Namun yang bersangkutan tidak ada. Diduga sedang di luar Kota Makassar.

"Aturannya, jika tiga kali panggilan tidak dipenuhi maka akan dijemput paksa," ujarnya.

Kasus dugaan korupsi anggaran pengadaan kapal latih senilai Rp34 miliar untuk delapan unit itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018. Dana yang cair 100 persen namun pengecekan di lapangan, kapal-kapal itu masih dalam proses pengerjaan di tahun 2019.

Penyelidikan dimulai awal Maret lalu. Setelah pemeriksaan kurang lebih 10 orang dari para panitia lelang, tim teknis dan ahli, penyidik menyimpulkan kasus ini bisa dinaikkan ke tahap penyidikan. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Korupsi
  2. Makassar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini