Kabut Asap Karhutla Lumpuhkan 2 Bandara di Kaltim

Jumat, 13 September 2019 17:19 Reporter : Saud Rosadi
Kabut Asap Karhutla Lumpuhkan 2 Bandara di Kaltim Kabut asap di Pekanbaru. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pekatnya kabut asap Karhutla melumpuhkan operasional penerbangan Bandara Kalimarau di Berau (BEJ) dan Bandara Melalan di Sendawar (MLK), Kalimantan Timur. Bahkan di Sendawar, jarak pandang kurang dari 200 meter.

Sejumlah penerbangan Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air dan Xpress Air, sampai sore ini membatalkan penerbangan lantaran jarak pandang (visibility) tidak memenuhi standar penerbangan.

"Di kami, standar instrument approach 3.500 meter. Sampai sore ini, visibility kurang lebih 1.000 meter," kata Kepala Bandara Kalimarau Berau Bambang Hartato, di Tanjung Redeb, Berau, Jumat (13/9).

Dia menerangkan, awalnya maskapai mengundur jadwal terbang hingga kabut asap membaik. "Jadi, mau bagaimana lagi. Namanya cuaca. Meski sudah delay, sepertinya belum membaik," ujarnya.

Bambang menerangkan, penutupan operasional penerbangan sejatinya dimulai pagi tadi, berdasarkan Notam (Notice to Airmen) yang dikeluarkan AirNav Indonesia. Bahkan, BMKG Stasiun Meteorologi Kalimarau juga mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim, akibat kabut asap yang ekstrim.

"Penutupan dari sekitar jam 9 pagi tadi. Kami terus menunggu informasi terbaru BMKG dan AirNav. Kalau memang membaik, bisa operasional terbang malam. Jadi, yang ingin kami sampaikan ke publik, bahwa tidak bisa melawan alam. Tapi kami tentu berharap, kondisi kabut asap ini tidak semakin parah," jelasnya.

Kondisi serupa terjadi di Sendawar, Kutai Barat. Pekatnya kabut asap, juga menutup operasional Bandara Melalan. "Dari pagi, seperti tidak ada perubahan. Jarak pandang kurang dari 200 meter. Tidak ada penerbangan," kata petugas Pusdalops BPBD Kutai Barat, Erwin, dikonfirmasi merdeka.com terpisah.

Diketahui, di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda, kabut asap hari ini juga mengacaukan jadwal penerbangan dari dan ke Samarinda. Bahkan, jarak pandang sempat menyentuh hanya 300 meter pagi tadi, dan berangsur membaik siang ini tadi. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini