Jokowi ajak santri syiarkan akhlakul karimah cegah berita bohong

Reporter : Parwito | Minggu, 8 Januari 2017 15:00
Jokowi ajak santri syiarkan akhlakul karimah cegah berita bohong
Presiden Jokowi. ©Setpres RI/Cahyo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak sejumlah santri untuk mensyiarkan perilaku ahlakul karimah dengan bersopan santun, berbudi pekerti dalam keseharian serta menghindari kabar fitnah. Hal ini disampaikan Presiden saat mengunjungi Pondok Pesantren At Taufiqy, Kecamatan Wonopringgo, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (8/1).

"Marilah kita ajak rekan-rekan kita yang ada di luar, yang sering menyampaikan hal yang berkaitan fitnah, berita-berita yang bohong, ujaran kebencian, hasutan-hasutan, untuk mengembangkan bersama-sama nilai-nilai kesantunan, nilai-nilai kesopanan, nilai-nilai budi pekerti yang baik," kata Jokowi.

Saat ini, jelas Jokowi, banyak berita bohong dan kabar fitnah yang tersebar melalui media sosial secara tidak bertanggung jawab. Menurut Jokowi, para santri mempunyai peran serta potensi menyebarkan nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh pondok pesantren kepada masyarakat.

"Ini perlu ditularkan ke luar agar kesantunan, kesopanan, budi pekerti yang baik itu sesuai ajaran Nabi, akhlak yang baik, ahlakul karimah itu betul-betul bisa kita punyai dari generasi-generasi Indonesia yang akan datang," tegas Jokowi.

Dalam kunjungannya ke Ponpes At Taufiqy, Presiden bersilaturahim dengan para santri dan pimpinan pondok Ahmad Taufiqurrahman.

Presiden juga mengapresiasi kegiatan santri di ponpes yang mengaplikasikan pendidikan kejuruan atau vokasi melalui pengolahan sampah menjadi pupuk kompos sehingga siswa mendapat keahlian mandiri.

"Saya sangat menghargai apa yang sudah diberikan oleh Romo Kyai kepada para santri yang nantinya akan memberikan generasi-generasi yang akan datang yang tidak hanya pandai mengaji, tetapi juga pintar di dalam berteknologi," ujar Presiden.

Jokowi yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pekalongan juga akan menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah di Gedung Kanzus Sholawat bersama Habib M Lutfi Bin Yahya.

Selain itu, Kepala Negara akan melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Senin (9/1) untuk meninjau pembangunan infrastruktur.

Baca juga:
Hadiri Maulid di Pekalongan, Jokowi ditemani Kapolri & Panglima TNI
Ke Pekalongan, Jokowi peringati Maulid Nabi dan serahkan kapal ikan
Pemerintah diminta lempar informasi akurat, jangan jadi sumber hoax
Usul BUMN dipimpin WNA, bukti Jokowi tak percaya SDM dalam negeri
Polisi bidik penyokong dana buku 'Jokowi Undercover'

[sho]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE