Indonesia-UEA Sepakati Kerja Sama Keagamaan Hingga Penanggulangan Terorisme

Senin, 13 Januari 2020 12:12 Reporter : Merdeka
Indonesia-UEA Sepakati Kerja Sama Keagamaan Hingga Penanggulangan Terorisme Jokowi dan Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed dan Menko Luhut. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan di Abu Dhabi, Minggu (12/1). Pertemuan itu setidaknya menghasilkan 16 perjanjian kerja sama yang disepakati kedua negara.

"Saya sangat sambut baik, hari ini 16 perjanjian kerja sama dapat dilakukan," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (13/1).

Adapun perjanjian kerja sama tersebut terdiri atas 5 perjanjian antar pemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

Selain itu, terdapat pula 11 perjanjian bisnis antara lain di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset. Total investasi diperkirakan mencapai USD 22,89 miliar atau sekitar Rp314,9 triliun.

"PEA akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi," ucap Jokowi.

1 dari 1 halaman

Selain kerja sama ekonomi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadikan PEA sebagai mitra dalam pendidikan Islam yang modern, moderat dan penuh toleran.

"Hal ini sangat penting artinya bagi upaya mencegah ekstremisme dan terorisme," tutur dia.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Mohamed bin Zayed. Dia mengatakan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian.

"Islam tidak pernah mengajarkan terorisme. Islam selalu mengedepankan kedamaian," ujarnya

Dia menilai Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Menurut Mohamed, Islam di Indonesia dapat menjadi contoh Islam yang damai. Di sisi lain, dia berharap hubungan kedua negara dapat ditingkatkan.

"Kita dapat memulai era baru hubungan kedua negara yang lebih erat," pungkasnya.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com' [ray]

Baca juga:
Sambutan Hangat Putra Mahkota untuk Jokowi di Istana Qasr Al Watan UEA
UEA Hingga Softbank Siapkan Investasi Rp 311,9 T di RI, Termasuk untuk Ibu Kota Baru
Ngabalin Minta Fadli Zon Tak Asal Bicara Terkait Kunjungan Jokowi ke Natuna
Presiden Jokowi Ajak Uni Emirat Arab Investasi di Ibu Kota Baru
Super Puma Masuk Perawatan, Ini Helikopter Canggih yang Bakal Dipakai Jokowi
Pada Menlu Jepang, Jokowi Sampaikan Undangan untuk Kaisar Reiwa
Bertolak ke Abu Dhabi, Jokowi akan Bahas Investasi dengan Putra Mahkota MBZ

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini