Cerita mistis belut penunggu goa di Pantai Sawarna

Kamis, 15 Januari 2015 07:15 Reporter : Mardani
Cerita mistis belut penunggu goa di Pantai Sawarna Gua Lalay. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Tempat wisata biasanya dibumbui dengan cerita mistis atau mitos. Sebut saja misalnya Pantai Pelabuhan Ratu dengan mitos Nyai Roro Kidul-nya.

Begitu pula dengan kawasan wisata Pantai Sawarna, Lebak, Banten. Di balik keindahan dan keasriannya, wilayah yang berada di sebelah barat Pelabuhan Ratu itu ternyata juga memiliki cerita mistis.

Cerita mistis itu diketahui saat Tim Ekspedisi Menyapa Indonesia dari merdeka.com dan Portrait Of Indonesia mengunjungi Pantai Sawarna, Senin (12/2) hingga Selasa (13/1).

Awalnya, Edwin (24) seorang pemandu sekaligus tukang ojek di objek wisata Pantai Sawarna menceritakan soal sembilan titik lokasi wisata di Sawarna. Namun, ternyata dari sembilan lokasi itu ada satu lokasi yang memiliki cerita mistis.

Lokasi itu adalah Goa Lalay. Menurutnya, berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat desa, sebelum Sawarna dan Goa Lalay ramai dikunjungi orang, goa itu ada penghuninya.

"Ceritanya di dalam Goa Lalay itu ada lindung sebesar tumbukan padi, tapi gak pernah ganggu," katanya kepada wartawan merdeka.com, Mardani.

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat desa, lindung atau belut mistis itu biasanya keluar pada saat menjelang malam hari. Namun, tak seluruh tubuhnya keluar dari goa. Sebab, hanya kepalanya saja yang muncul.

"Goa Lalay itu sendiri artinya goa kelelawar, karena di dalamnya banyak kelelawar. Kedalamannya sampai 2 km, buat tamu jarak aman 400 m. Makin ke dalam makin indah," katanya.

Dia menyarankan para wisatawan yang datang menggunakan jasa penunjuk arah atau guide. Sebab, goa itu sangat dalam dan dikhawatirkan wisatawan akan kesulitan.

"Kedalamannya sekitar 2 km. Di dalam ada danau kecil, airnya sejuk. Wisatawan yang ke goa biasanya di perjalanan pengap tapi kalau sudah di ujung sejuk, mau kemarau atau gak airnya tetap ada," katanya.

Meski ada cerita mistisnya, tak ada pantangan tertentu bagi wisatawan di Pantai Sawarna. Meski Sawarna masih masuk dalam kawasan Pantai Selatan, larangan menggunakan pakaian hijau tak berlaku di sini.

"Kalau di sini mah harus hati-hati aja kalau berenang. Takutnya gak tahu terus berenang ke tengah ternyata dalam kan bisa tenggelam," katanya.

Percaya tak percaya terhadap mistis Goa Lalay itu menjadi keputusan Anda sendiri. [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini