Cerita Mahfud MD Suka Kejar-kejar Amien Rais Saat Masih Kuliah

Senin, 6 Januari 2020 22:03 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Cerita Mahfud MD Suka Kejar-kejar Amien Rais Saat Masih Kuliah Mahfud MD. ©2015 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) mempunyai kenangan sendiri dengan Tokoh Reformasi Amien Rais saat masih berkuliah.

Dia membagikan kisah tersebut kepada mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Doktor Soetomo Surabaya yang menyambangi Kantor Kemenko Polhukam di Jakarta, Senin.

"Dulu saat saya kuliah Saudara, kalau ada pak Amien Rais berbicara di manapun, saya kejar," ujar Mahfud kepada audiens dari kalangan akademisi tersebut dilansir Antara, Senin (6/1).

Dia mengatakan ada tradisi akademik di saat itu yang ingin tahu apa pun yang disampaikan para tokoh nasional. Meskipun tidak pernah dinilai oleh dosen pengampu mata kuliah yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Dia menambahkan, kalau harus membayar pun dia rela jika memang pembicaraan itu dilakukan dalam seminar berbayar. Tradisi akademik itu ingin Mahfud bagikan kepada mahasiswa-mahasiswa saat ini supaya tradisi tersebut tidak luntur termakan zaman.

Alasannya, karena Mahfud ingin mahasiswa mengetahui suatu peristiwa langsung dari mulut para pelaku peristiwa tersebut.

1 dari 1 halaman

Dia mencontohkan dalam masalah internasional saat ini, yang mengatakan Indonesia dan China sedang ribut.

Dalam hal itu, mahasiswa bisa mempresentasikan langsung gagasannya kepada pelaku peristiwa tersebut yakni Menko Polhukam dengan basis Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, dan lain-lain yang dimiliki masing-masing.

"Hal itu yang dinamakan tradisi akademik, jadi selain saudara di sini senang-senang, jalan-jalan di Jakarta, saudara juga bisa memanfaatkan ini sebagai memperkuat jati diri sebagai akademisi," kata Mahfud. [ray]

Baca juga:
Jokowi Instruksikan Penambahan Pasukan di Natuna
Mahfud MD Tegaskan Pemerintah akan Lindungi Nelayan yang Mencari Ikan di Natuna
Mahfud MD: Natuna Tidak Ada Sengketa, Mutlak Milik Indonesia Secara Hukum
Upaya Pemerintah Jokowi Lawan Kapal-kapal China Masuk Wilayah Perairan RI
Mahfud MD: China Tidak Punya Hak untuk Mengklaim Natuna

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini