Cegah Kebakaran Hutan Sumsel, Ribuan Petugas Disiagakan di 300 Desa

Senin, 17 Juni 2019 22:04 Reporter : Irwanto
Cegah Kebakaran Hutan Sumsel, Ribuan Petugas Disiagakan di 300 Desa Ilustrasi Kebakaran Hutan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan memetakan ada 300 desa yang masuk dalam rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ribuan petugas disiagakan dimulai awal bulan depan.

Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengungkapkan, 300 desa tersebut tersebar di sembilan kabupaten dan kota. Yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Muara Enim, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Prabumulih, dan Empat Lawang.

Dari total itu, ada 100 desa yang menjadi perhatian serius penanganan karhutla tahun ini. Semuanya berada di empat kabupaten, yakni di OKI, Ogan Ilir, Muba, dan Banyuasin.

"300 desa di Sumsel rawan karhutla, tapi yang harus menjadi perhatian lebih ada 100 desa di empat kabupaten itu," ungkap Ansori, Senin (17/6).

Menurut dia, 100 desa itu memiliki banyak lahan gambut yang muda terbakar jika musim kemarau. Lahan di desa-desa tersebut kerap langganan kebakaran setiap tahun.

Untuk menangani karhutla, sekitar 6.000 petugas disiagakan. Sebanyak 1.500 diantaranya petugas tambahan pada tahun ini yang terdiri dari 1.000 anggota TNI, 200 anggota Brimob, sisanya dari petugas BPBD dan masyarakat setempat.

"Enam ribuan petugas itu disebar di sembilan daerah, untuk personel tambahan fokus di 100 desa paling rawan," kata dia.

Tim penanganan karhutla mulai bekerja sejak awal Juli hingga Oktober 2019 sesuai dengan prediksi BMKG terkait puncak musim kemarau. Masyarakat diimbau tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar karena memicu terjadinya kebakaran meluas dan kabut asap.

"Musim kemarau tahun ini diprediksi cukup ekstrim dan terbilang lama. Semua pihak harus waspada terjadinya karhutla," pungkasnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Hutan
  2. Palembang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini