Bupati Cirebon Ditahan KPK, Kepala BPBD Jabar Dicky Saromi Ditunjuk Jadi Pj Bupati

Jumat, 16 November 2018 19:41 Reporter : Aksara Bebey
Bupati Cirebon Ditahan KPK, Kepala BPBD Jabar Dicky Saromi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Bupati Cirebon ditahan KPK. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kursi Bupati Cirebon yang ditinggalkan Sunjaya Purwadisastra karena terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan diisi penjabat Bupati (Pj) Dicky Saromi. Pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar itu dijadwalkan dilantik pada Senin (19/11).

Kepastian penggantian posisi itu disampaikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menghadiri acara di DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (16/11).

"Jadi per Senin (Dicky Saromi) sudah dilantik. Karena prosesnya itu, akhir masa jabatannya sudah berakhir sampai April," ujarnya.

Informasi dihimpun, Dicky pernah menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan pernah menjabat sebagai kepala Dinas Perhubungan. Dicky akan menggantikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Cirebon Rahmat Sutrisno yang juga menjabat sebagai Sekda Kabupaten Cirebon.

Ridwan Kamil yakin Dicky bisa menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Cirebon dengan baik tanpa mengabaikan tugasnya menanggulangi bencana.

"Kalau sistemnya baik maka orang yang di double-doubel baik. Sebutkan yang jadi Pj kan sibuk semua, sistemnya memang begitu. Jadi jangan ke pribadi," pungkasnya.

Penggantian tampuk kepemimpinan ini buntut dari tertangkapnya Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (24/10). Sunjaya tidak punya wakil Bupati, setelah Selly Andriana Gantina mengundurkan diri karena memilih mengikuti Pileg 2019 sebagai bakal calon anggota DPR RI. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini