Bersihkan 4,5 Hektare Lahan dengan Cara Dibakar Warga Bengkalis Ditangkap Polisi

Senin, 10 Februari 2020 05:05 Reporter : Abdullah Sani
Bersihkan 4,5 Hektare Lahan dengan Cara Dibakar Warga Bengkalis Ditangkap Polisi pelaku karhuta di Bengkali. ©2020 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Polisi menangkap seorang pria pelaku pembakaran lahan 4,5 hektare di Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Pelaku saat ini ditahan di Mapolres Bengkalis.

"Pelaku inisial HR merupakan pemilik lahan yang menyuruh 3 anak buahnya untuk membersihkan dengan cara membakar," ujar Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, Minggu (9/2).

Sigit menjelaskan, pengungkapan tindak pidana karhutla bermula dari kegiatan gabungan penyelidikan dan olah TKP terhadap lahan terbakar seluas 4,5 hektare. Setelah menemukan petunjuk dan alat bukti, lalu polisi melakukan gelar perkara.

"Akhirnya pelaku diamankan pada Sabtu (8/2) sore kemarin," kata dia.

Kejadian pembakaran lahan yang dilakukan pelaku yaitu pada tahun 2019 lalu. Pelaku membayar MS, F dan L untuk membersihkan lahan dengan meracun rerumputan semak, selanjutnya dilakukan penanaman bibit sawit.

Sebelum MS dan F bekerja meracun rumput dan menanam pohon sawit, lahan sudah pernah terbakar. Dari hasil pemetaan kawasan hutan, ternyata lahan HR rupanya masuk ke dalam Kawasan HPT.

"Perbuatan HR dalam melakukan kegiatan perkebunan sawit tidak punya izin perkebunan dari Kementerian terkait," kata dia.

Berdasarkan pemeriksaan ahli kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Rupat, didapati jejak dan awal penyebaran api berasal dari lahan perkebunan HR.

"Lahan HR pernah terbakar yang diketahui dari adanya pohon kelapa sawit berumur 2 tahun yang tumbuhnya tidak bagus serta adanya penanaman bibit kelapa sawit baru. Itu berdasarkan keterangan saksi MS," kata dia.

Pelaku HR mengaminkan keterangan MS dan mengakui bahwa benar mengetahui lahannya yang sudah ditanami sawit terbakar pada 2019 lalu, tapi dibiarkan begitu saja.

Dari hasil penyelidikan, kemudian polisi meningkatkan kasus tersebut menjadi penyidikan. Polisi menetapkan HR sebagai tersangka, pelaku pembakaran lahan dan hutan yang terjadi di Dusun Hutan Samak Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

"Kemudian pelaku diamankan beserta barang bukti berupam tiga buah pohon bibit sawit sudah ditanan," tandasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebakaran Hutan
  3. Bengkalis
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini