Berkat Facebook, TKW Asal NTB Ditemukan Setelah 11 Tahun Hilang Kontak di Suriah

Minggu, 22 September 2019 22:37 Reporter : Merdeka
Berkat Facebook, TKW Asal NTB Ditemukan Setelah 11 Tahun Hilang Kontak di Suriah ilustrasi tki. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah 11 tahun hilang kontak, Maharani binti Marzuki akhirnya ditemukan. Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu hilang kontak dengan keluarga sejak dia tiba di Suriah.

"Alhamdulillah kakak saya berhasil ditemukan," kata Maharina, adik kandung Maharani seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/9)

Maharina menjelaskan, kakaknya berangkat melalui sebuah perusahaan tenaga kerja pada 2008. Setibanya di Suriah, Maharani sempat menghubungi sang ayah. Namun setelah itu mereka hilang kontak. Keluarga putus asa dan menganggap Maharani meninggal akibat konflik di Suriah.

Namun pada Agustus 2019, sebuah akun Facebook memajang foto Maharani. Harapan keluarga muncul kembali.

"Awal mengetahui keberadaan kakak ipar saya itu, dari akun Facebook atas nama Arsi yang memajang foto Maharani sekitar Agustus 2019," kata adik ipar Maharani, Sandy Farboy.

Sandy mengirim pesan pada Arsi (pemilik akun), tapi tidak dibalas hingga seminggu. Akhirnya dia menghubungi seluruh rekan dari akun Arsi.

Usaha itu berbuah manis. Sandy mendapat nomor kontak Arsi. Setelah dihubungi melalui WhatsApp, Arsi membalas pesan Sandy dan menjelaskan pertemuannya dengan Maharani di sebuah toko di Suriah. Maharani membenarkan saat ditanya asalnya dari Indonesia.

"Ternyata keduanya sama-sama dari Nusa Tenggara Barat," ucap Sandy.

Saat itu Maharani menjelaskan hilang kontak dengan keluarga sejak 2008 dan meminta Arsi memajang fotonya di Facebook karena dia tidak punya akun media sosial. Hal ini merupakan langkah tepat mengingat akhirnya foto itu tersalur hingga dilihat keluarga.

Sandy dan Maharina meminta bantuan Tim Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Riyadh, Arab Saudi, Agus Gia, Rabu (28/8).

Akhirnya pada 1 September, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus mengabarkan Maharani sudah ditemukan.

"Alhamdulillah kabar baik dari KBRI Damaskus menyebutkan Maharani sudah ditemukan," kata Agus Gia.

Orang tua dan kerabat saat ini sedang menanti kedatangan Maharani untuk pertama kalinya sejak 11 tahun terakhir.

Reporter magang: Ahdania Kirana [noe]

Topik berita Terkait:
  1. TKI
  2. Nestapa TKI
  3. Suriah
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini