Berharap Hujan, Ribuan Warga Tasikmalaya Salat Istisqa

Jumat, 4 Oktober 2019 21:03 Reporter : Mochammad Iqbal
Berharap Hujan, Ribuan Warga Tasikmalaya Salat Istisqa Ribuan Warga Tasikmalaya Salat Istisqa. ©2019 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Kekeringan yang terjadi di Kota Tasikmalaya direspon ribuan warga Kecamatan Mangkubumi dengan melaksanakan Salat Istisqa. Bertempat di tanah lapang pinggir Situ Gede, Jumat (4/10), mereka melaksanakan salat meminta hujan.

"Salat Istisqa ini merupakan respon warga sekitar menyikapi bencana kekeringan di Kota Tasikmalaya, khususnya Kecamatan Mangkubumi. Kondisi kekeringan saat ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. Warga di sini sudah mulai susah untuk mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari," kata tokoh agama Kecamatan Mangkubumi, Ustaz Yanyan Al Bayani.

Dia mengatakan, wilayahnya memang sudah sejak enam bulan tidak turun hujan, namun dampak kemaraunya dirasakan sejak dua bulan terakhir.

"Karena itu sesuai dengan sunnah Rasul warga berinisiatif untuk melaksanakan Salat Istisqa, berdzikir, juga bersalawat. Segala hal itu merupakan permohonan kepada Allah SWT untuk segera menurunkan hujan yang berkah bagi warga," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang ikut melaksanakan Salat Istisqa, Maman (60) menyebut, sumur di rumahnya tidak lagi mengalirkan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Untuk mencukupinya, ia bersama para tetangga mengambil air yang diberikan di lapangan dengan antre.

"Kemarau tahun ini merupakan yang paling parah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sudah hampir enam bulan tak turun hujan di sini," ungkapnya.

Sedangkan, Camat Mangkubumi, Dahlan menyebut, kemarau tahun ini memberikan dampak kekeringan hampir di seluruh wilayah Kecamatan Mangkubumi. Hal tersebut pun menjadikan warga mengandalkan bantuan air dari mereka yang memberikan bantuan.

"Jumlahnya memang tidak mencukupi semuanya. Tapi Alhamdulillah ada yang membantu," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini