Bawaslu Kepri Ingatkan Agar Masker Tak Dijadikan Alat Politik di Dalam Rumah Ibadah

Senin, 19 Oktober 2020 00:04 Reporter : Wisnoe Moerti
Bawaslu Kepri Ingatkan Agar Masker Tak Dijadikan Alat Politik di Dalam Rumah Ibadah Kerajinan Tangan Rajut. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan peserta Pilkada dan tim sukses agar masker untuk mencegah penularan Covid-19 tidak dijadikan alat politik di rumah ibadah.

"Masker itu bermanfaat untuk mencegah Covid-19, namun jangan dimanfaatkan untuk kepentingan politik di dalam masjid. Jangan sampai kami temukan dalam satu deret, ada sejumlah jemaah yang menggunakan masker bergambar pasangan calon yang sama," kata anggota Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Minggu (18/10). Seperti dilansir Antara.

Pihaknya masih menoleransi warga yang memakai masker bergambar calon gubernur dan calon wakil gubernur atau pun calon kepala daerah tingkat dua saat berada di dalam rumah ibadah.

Toleransi diberikan sepanjang masker tersebut dipergunakan untuk kebutuhan mencegah penularan Covid-19. Bukan untuk kepentingan mengampanyekan salah satu pasangan calon.

Selain itu, Indrawan juga mengingatkan pembagian masker tidak boleh dilakukan di dalam rumah ibadah.

"Bawaslu akan menjadikan sebagai temuan dugaan pelanggaran jika menemukan pasangan calon kepala daerah yang membagikan masker di dalam rumah ibadah," katanya.

"Jangan kampanye di masjid maupun di lembaga pemerintahan dan pendidikan," tambahnya.

Indrawan mengingatkan peserta pilkada untuk menolak melakukan politik uang, dan tidak menggiring aparatur sipil negara (ASN) berpolitik praktis.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk menolak politik uang. Masyarakat, terutama pemilih harus menjadikan pilkada sebagai momentum penting untuk kepentingan daerah selama lima tahun mendatang.

"Peserta pemilu juga memiliki tanggung jawab untuk memberi pendidikan politik kepada masyarakat," ucap Indrawan. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini