Basarnas Hentikan Pencarian Turis Amerika Hanyut di Nusa Lembongan

Rabu, 26 Juni 2019 22:30 Reporter : Moh. Kadafi
Basarnas Hentikan Pencarian Turis Amerika Hanyut di Nusa Lembongan Pencarian WN Amerika Serikat yang hanyut di Bali. ©2019 Merdeka.com/Kadafi

Merdeka.com - Tim SAR gabungan menghentikan operasi pencarian seorang warga Amerika Serikat, Aviv Meshil (23). Dia sebelumnya dilaporkan hanyut saat bermain paddle board di perairan Musroom, Bay Beach, Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali, Senin (17/6) lalu.

"Jadi pencarian untuk WNA ini sudah selama 10 hari dan seluruh area sudah tersapu. Hari ini, secara aktif sudah kita hentikan akan tetapi kita lakukan secara pasif. Artinya, kita monitoring kemudian koordinasi dan pemantauan melalui GPS, nelayan, maupun pos-pos yang lain," kata Kepala Kantor Basarnas Bali Hari Adi Purnomo, saat dikonfirmasi, Rabu (26/6).

Hari menjelaskan, pencarian tersebut dihentikan hari ini tepat pada pukul 18.00 WITA. Namun, pihaknya akan terus melakukan pemantauan jika ada informasi korban ditemukan.

Selain itu, pencarian tersebut kemungkinan akan dilakukan pihak dari keluarga korban. Basarnas Bali, hanya ikut memonitoring secara pasif.

"Tapi kita tetap melakukan pemantauan, jika ada ditemukan korban operasi SAR bisa dibuka kembali," jelasnya.

"Kita melalui koordinasi dan pemantauan, artinya pasif dan tidak aktif kita menggerakkan unsur Alut. Nanti akan dilakukan oleh pihak keluarga dengan sendirinya bagaimana tekniknya silakan," tutup Hari.

Seperti yang diberitakan, Aviv Meshil hanyut terbawa arus di perairan Musroom Bay Beach, Pulau Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dari informasi yang didapat, Aviv Meshil saat kejadian diketahui terlalu asyik mendayung Paddle Board, hingga bermain terlalu ke tengah laut pada Senin (17/6) sekitar pukul 14.30 WITA, dan sampai dengan hari ini tak kunjung kembali. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini