Bantuan Melimpah, Uang Sumbangan Dialokasikan untuk Hunian Sementara Korban Semeru

Minggu, 12 Desember 2021 20:43 Reporter : Darmadi Sasongko
Bantuan Melimpah, Uang Sumbangan Dialokasikan untuk Hunian Sementara Korban Semeru Bantuan Semeru. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Bantuan berbagai kebutuhan untuk para korban erupsi Gunung Semeru terus berdatangan ke posko-posko di sepanjang jalan. Penyumbang datang dari berbagai daerah di Indonesia yang sengaja membawa berbagai bahan kebutuhan masyarakat terdampak erupsi.

"Alhamdulillah kita untuk ketiga kalinya bisa mengirimkan bantuan ke lokasi. Pertama di Pronojiwo, Candipuro dan Balaidesa Candipuro," kata Erwin H Poedjono, salah satu dermawan saat ditemui di Balaidesa Candipuro, Lumajang, Minggu (12/12).

Erwin berasal dari PT Darma Lautan Utama yang mengoleksi sumbangan karyawan dan mitra untuk dikirimkan ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru. Bantuan yang dikirimkan berupa kebutuhan pokok, terutama pakaian dalam perempuan, pembalut dan pampers yang sebelumnya dilaporkan masih dibutuhkan oleh pengungsi.

"Kami sudah salurkan pada pihak yang membutuhkan. Kami juga akan membuat laporan kepada mitra kerja, semoga ini meringankan beban saudara yang terdampak," jelas Erwin yang mengaku telah menutup atau berhenti menerima donasi untuk korban Erupsi.

Kepala Desa Candipuro, Suari mengungkapkan sumbangan berupa mi, pakaian layak pakai sangat melimpah. Seluruh bantuan akan dikelola untuk diserahkan kepada 800 jiwa yang mengungsi di wilayahnya.

"Kalau untuk bantuan sudah cukup. Kalau masih dibutuhkan jenis bumbu dapur, termasuk sayur mayur, kalau mi, pakaian sudah banyak sekali stoknya," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Syamsul Arifin, relawan pengelola bantuan di Posko Balaidesa Sumberwuluh, Candipuro. Ia mengaku kebutuhan sudah dianggap cukup cukup dan sebagian sudah langsung disalurkan sesuai kebutuhan para pengungsi.

"Sampai sekarang bantuan masih terus berdatangan, hampir 100 lembaga penyumbang yang mempercayakan barangnya ke posko kami," kata Syamsul Arifin.

2 dari 2 halaman

Kuat 1,5 Bulan, Bantuan Uang untuk Bangun Huntara

Bupati Lumajang Toriqul Haq mengungkapkan, jumlah bantuan dalam bentuk logistik dianggap sudah sangat mencukupi, bahkan kuat untuk 1,5 Bulan ke depan.

"Terutama untuk logistik kita sudah berkecukupan untuk 1,5 bulan ke depan. Bantuan yang masih ada di titik kumpul, baik di Pendopo, GOR, maupun beberapa tempat pengungsian, hari ini kecukupannya terpenuhi," urai Thoriqul Haq.

Toriq menegaskan, Pemkab Lumajang saat ini sedang memprioritaskan untuk segera merelokasi tempat hunian baru bagi para korban. Mereka yang berjumlah 2.347 orang itu harus segera memiliki rumah kembali dan membangun kehidupan baru.

"Sekarang kan sudah banyak bantuan dalam bentuk uang, bantuan dalam bentuk uang tidak kami apa-apakan. Operasional dalam bencana ini menggunakan anggaran yang ada di APBD. Bantuan itu akan kami fokuskan pada pembangunan hutara dan persiapan pemukiman," ungkapnya.

Sebelum dibangun hunian permanen dari anggaran BNPB, Thoriq akan memaksimalkan bantuan masyarakat yang dalam bentuk uang untuk pembangunan Huntara. Masyarakat yang berkeinginan membantu dapat menyalurkan dalam bentuk uang atau nantinya membantu dalam bentuk material saat proses pembangunannya sdang berjalan.

"Supaya distribusi bantuan lebih pada fungsinya, manfaatnya lebih langsung ketika proses penempatan Huntara atau hunian permanen masyarakat terdampak," ungkapnya.

Thoriq menyampaikan terima kasih kepada komunitas, masyarakat yang memberikan bantuan, termasuk pelayanan di posko-posko. Banyak masyarakat luar kota yang membantu, baik yang langsung dalam proses evakuasi maupun membantu kebutuhan para pengungsi.

Namun Thoriq juga mengingatkan agar posko dan relawan memperhatikan dan membantu kelancaran lalu lintas, terutama proses evakuasi yang menjadi prioritas utama.

"Harapan saya pada posisi sama-sama membantu kelancaran, prioritas utama yaitu evakuasi. Kami merasa banyaknya bantuan sekaligus banyaknya posko itu di sisi lain membantu kami, tapi di sisi yang lain kami mohon dengan segala hormat untuk juga memiliki keinginan prioritas bagaimana proses evakuasi ini diutamakan," urainya. [eko]

Baca juga:
Kepala BNPB Beberkan Sejumlah Bantuan untuk Pengungsi Erupsi Gunung Semeru
Tunggu Perbaikan Gladak Perak, Pemerintah Bangun Jembatan Darurat Lumajang-Malang
Berkostum Hanoman, Kopral Bagyo Hibur Anak-Anak Pengungsi Erupsi Semeru
Korban Erupsi Semeru Bakal Direlokasi ke Lahan Perhutani

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini