Banjir Akibat Hujan 7 Jam di Samarinda, Penumpang Pesawat Diangkut Truk ke Bandara

Sabtu, 11 Januari 2020 15:15 Reporter : Saud Rosadi
Banjir Akibat Hujan 7 Jam di Samarinda, Penumpang Pesawat Diangkut Truk ke Bandara Samarinda Banjir. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Banjir akibat guyuran hujan deras 7 jam sejak dini hari tadi, melumpuhkan sebagian kota Samarinda, Kalimantan Timur. Bahkan, ratusan calon penumpang Bandara APT Pranoto, harus rela dinaikkan truk melintas banjir setinggi hingga hampir 1 meter.

Pantauan merdeka.com, hujan mulai mengguyur pukul 03.00 Wita dini hari, Sabtu (11/1), terjadi merata di Samarinda. Hujan intensitas lebat, terjadi di kawasan Sungai Pinang dan utara kota Samarinda.

Imbasnya, akses Jalan DI Panjaitan, terendam banjir hingga 70 cm. Ratusan calon penumpang penerbangan pagi dari Bandara APT Pranoto Samarinda sempat tertahan di kawasan Simpang Alaya sejak pukul 06.00 Wita pagi tadi.

Personel Polresta Samarinda, dan Satuan Brimob Polda Kaltim, diterjunkan membantu calon penumpang pesawat, menggunakan armada truk, melintasi banjir menuju ke tempat aman. Yang terjebak banjir tidak hanya calon penumpang, melainkan juga kru maskapai penerbangan.

Bahkan, akses jalan alternatif yang disiapkan Dishub Provinsi Kaltim menuju bandara, tidak luput dari banjir cukup dalam. Seperti di kawasan Lempake dan Gunung Kapur. Pengguna jalan roda empat pun, dibikin bingung bukan kepalang.

"Ini mau lewat di mana lagi? Lewat jalan utama (Jalan DI Panjaitan) banjir. Lewat jalan alternatif juga banjir. Sedih memang Samarinda ini," kata Rendi (34), sopir mobil travel yang mengangkut calon penumpang pesawat, ditemui merdeka.com, Sabtu (11/1).

samarinda banjir

©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I APT Pranoto Samarinda pun dibikin sibuk. Mereka meminta armada taksi jemput bola, untuk membantu mengangkut calon penumpang pesawat ke bandara.

"Kami, mengerahkan taksi bandara agar bisa standby di titik aman, untuk melayani penumpang yang menggunakan jasa taksi ke bandara," kata Kasi Pelayanan dan Operasi Bandara APT Pranoto Rora Ardian.

Salah satu koordinator relawan Info Taruna Samarinda (ITS), Joko Iswanto menerangkan, ratusan relawan di Samarinda diterjunkan semaksimal mungkin memberi bantuan kepada calon penumpang bandara. "Kami koordinasi semua pihak. Relawan juga tersebar untuk memantau titik banjir di mana saja. Kami maksimalkan tenaga kami dari pagi tadi," ujar Joko.

Hujan baru reda sekira pukul 10.00 Wita tadi. Sampai pukul 15.00 Wita sore ini, banjir belum benar-benar surut di jalan akses menuju bandara. Awan mendung tebal, masih menyelimuti ibu kota provinsi itu. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini