2 Warga Polandia Pelaku Skimming Diringkus Polisi di Bali

Kamis, 19 September 2019 01:02 Reporter : Moh. Kadafi
2 Warga Polandia Pelaku Skimming Diringkus Polisi di Bali Dua WN Polandia Diringkus Polisi Bali. ©2019 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Dua warga Polandia diringkus polisi di Bali. Keduanya dibekuk setelah melakukan kejahatan skimming.

Kedua pelaku tersebut bernama Lachowski Dawid Przemyslaw (22) dan Wojcik Gawel Amadeusz (35). Kedua bule tersebut ditangkap pada Rabu (18/9) dini hari.

"Modusnya pelaku melakukan shutdown terhadap mesin ATM BNI untuk dipasangi router, yang berfungsi untuk mencuri data nasabah yang akan melakukan transaksi," kata Direktur Reskrimsus Polda Bali, Kombes Pol Yuliar Kus Nugroho, Rabu (18/9).

©2019 Merdeka.com/Moh Kadafi

Pelaku ditangkap setelah pihak Bank BNI menerima informasi adanya orang asing melakukan aktivitas mencurigakan pada mesin ATM Bank BNI di Candidasa, Jalan Raya Candidasa, Karangasem, Bali. Pihak Bank BNI Denpasar kemudian mengecek dan menemukan adanya kamera terselubung terpasang pada mesin ATM tersebut.

Lalu anggota Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Bali dibantu satgas CTOC Polda Bali dan Polres Karangasem mengawasi ATM Bank BNI. Selanjutnya, pada Rabu (18/9) siang, terlihat dua pelaku masing-masing mengendarai mobil Toyota merk Avansa warna putih dan sepeda motor Yamaha N-Max warna abu-abu berhenti di dekat mesin ATM Bank BNI tersebut.

Kemudian, satu pelaku Lachowski Dawid Przemyslaw masuk ke dalam mesin ATM dan langsung mematikan mesin ATM dengan cara mencabut kabel power dan mencoba memasang perangkat lain berupa Hub dan kabel lan pada mesin.

"Sedangkan satu orang lainnya (Wojcik Gawel Amadeusz) berdiri di luar mesin ATM untuk melakukan pengawasan," ujar Yuliar.

Kemudian, melihat hal tersebut pihak kepolisian langsung melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku. "Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan sebuah pisau tikam di dalam tas kecil dan stik pemukul yang dibawa pelaku (Wojcik Gawel Amadeusz)," ujar Yuliar.

Sementara untuk barang bukti diamankan satu handphone merk Samsung hitam, 1 handphone merk Vivo, Passport milik pelaku, 1 Hidden Kamera, 1 buah router 1 buah Hub, 1 buah tank potong, 1 buah pisau tikam. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Skimming
  2. Pembobolan ATM
  3. Denpasar
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini