12 Rumah Hanyut dan 78 Terendam Akibat Banjir Bandang di Lahat

Kamis, 9 Januari 2020 20:06 Reporter : Irwanto
12 Rumah Hanyut dan 78 Terendam Akibat Banjir Bandang di Lahat Banjir Bandang di Lahat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Banjir bandang di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, tadi pagi menghanyutkan 12 rumah warga dan merendam 78 rumah lainnya. Tiga orang dikabarkan hilang, sudah berhasil ditemukan dan diserahkan ke pihak keluarga.

Banjir bandang itu menerjang empat kecamatan di Lahat. Yakni di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang (Kecamatan Pulang Pinang), Desa Kembang Baru (Kecamatan Gumai Talang), dan Muara Cawang serta Desa Lubuk Tubol (Kecamatan Pseksu).

Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumatera Selatan tengah mendata jumlah pengungsi asal tujuh desa tersebut. Sementara rumah terendam 78 dan 12 hanyut.

"Data sementara yang masuk ada 12 rumah yang hanyut. Untuk korban jiwa tidak ada, tadinya tiga orang dinyatakan hanyut, tapi semuanya selamat karena tersangkut di pohon," kata Kabid Penanganan Kedaruratan Bencana BPBD Sumsel Ansori, Kamis (9/1).

Menurut dia, banjir tersebut disebabkan intensitas hujan cukup tinggi pada malam harinya. Alhasil, air sungai di hulu tak mampu menampung dan akhirnya debit air meningkat di aliran sungai di hilir.

"Ketinggian air pada banjir pertama kali pagi tadi mencapai sekitar empat meter. Alhamdulillah sekarang berangsur surut, ada yang tinggal satu meter dan juga selutut orang dewasa," ujarnya.

Meski demikian, pihak BPBD mengimbau masyarakat tetap waspada jika sewaktu-waktu banjir susulan terjadi. Sebab, cuaca masih sangat besar berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang dan tinggi.

"Tetap waspada, hindari tempat-tempat yang menjadi aliran air ketika banjir datang. Di salah satu desa ada deteksi banjir, jika air naik sirine berbunyi, di situ warga harus siap-siap," pungkasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir Bandang
  3. Lahat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini