116 WNA di Kabupaten Badung Punya e-KTP, Paling Banyak Jepang

Jumat, 1 Maret 2019 00:05 Reporter : Moh. Kadafi
116 WNA di Kabupaten Badung Punya e-KTP, Paling Banyak Jepang ktp wna china. ©2019 Twitter

Merdeka.com - Warga Negara Asing atau WNA yang memiliki e-KTP di wilayah Kabupaten Badung, Bali, tercatat berjumlah 116 orang. Data tersebut diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Badung, Bali.

"WNA yang memiliki Kitap (Keterangan Izin Tinggal Tetap) yang sudah melakukan perekaman sebanyak 235 orang (WNA) dan yang sudah cetak KTP-nya 116. Sedangkan (Sisanya) 177 belum bisa tercetak," ucap Putu Suryawati selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dukcapil Badung, saat dikonfirmasi Kamis (28/2) sore.

Dari 116 WNA yang memiliki e-KTP, tercatat yang paling banyak dari negara Jepang 41 orang, Australia 27 orang, Belanda 26 orang, Inggris 21 orang, Italia 17 orang, dan Amerika Serikat 15 orang. Kemudian disusul Prancis dan Jerman masing-masing 13 orang, Swiss 6 orang, Korea dan Belgia masing-masing 4 orang. Selain negara-negara tersebut, para WNA itu tercatat berasal dari Polandia, Inggris, Singapura, Spanyol, Kanada, China, hingga Yaman.

jumlah wna di bali yang memiliki e ktp

Putu Suryawati menegaskan, WNA yang mendapatkan e-KTP harus memiliki Kitap terlebih dulu, yang dikeluarkan dari Imigrasi, surat keterangan dari Desa dan Lurah tempat mereka berdomisili. Kemudian, juga ada surat catatan dari kepolisian, dan ada penjaminnya.

"Syaratnya mendapatkan KTP itu dia harus memiliki Kitap terlebih dahulu, yang dikeluarkan imigrasi terus ada penjaminannya. Tapi KTP-nya itu, tidak KTP Indonesia tapi KTP WNA bukan KTP WNI," ujarnya.

Suryawati juga menegaskan, bahwa para WNA tersebut tidak memiliki hak pilih Pilpres atau Pileg, karena e-KTP tersebut hanya digunakan untuk administrasi kependudukan semata.

"Tidak punya (Hak Pilih), mereka KTP WNA bukan KTP WNI," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bali I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra menyampaikan, untuk saat ini pihaknya masih belum mempunyai data lengkapnya jumlah WNA yang memiliki e-KTP di seluruh Bali.

"Staf saya masih di Kabupaten dan Kota untuk mengambil data. Jadi mohon izin saya belum bisa menyampaikan data itu. Kami akan carikan, nanti kalau sudah ada datanya saya akan sampaikan," tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. WNA Punya E KTP
  3. E KTP
  4. Badung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini