Kisah Haru Dua Pasien Banyumas Sembuh dari Covid-19, Disambut Warga hingga Bupati

Sabtu, 4 April 2020 18:28 Reporter : Shani Rasyid
Kisah Haru Dua Pasien Banyumas Sembuh dari Covid-19, Disambut Warga hingga Bupati Pasien di Banyumas Sembuh dari Virus Corona. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Banyak orang yang takut terkena Virus Corona. Agar tidak terkena virus itu, banyak warga yang memblokade jalan-jalan masuk menuju kampung mereka. Tak hanya itu, bahkan ketika ada jenazah pasien COVID-19 dimakamkan di kampung mereka, para warga yang ketakutan itu memblokade jalan masuk kampung agar ambulans pengantar jenazah tak bisa masuk.

Namun, di tengah bertambahnya korban positif COVID-19 yang meninggal, ada pula dari mereka yang sembuh. Di antara pasien yang sembuh itu adalah dua warga Banyumas. Dilansir dari Liputan6.com pada Sabtu (4/4), Sagimin, salah satu pasien COVID-19 yang sembuh, mendapat sambutan dari keluarganya ketika pulang kembali ke rumahnya di Desa Kemiri, Sumpiuh, Banyumas.

Selain itu ada pula seorang warga Banyumas berinisial AS yang juga sembuh dari Virus Corona. Tak hanya keluarga mereka yang berbahagia, kesembuhan dua orang pasien itu juga mendapat sambutan dari Bupati Banyumas, Achmad Husein.

1 dari 4 halaman

Hasil Tes Swab Negatif

pasien di banyumas sembuh dari virus corona

2020 liputan6.com

Setelah sebelumnya positif Corona, pada tes SWAB yang kedua, Sagimin dinyatakan negatif COVID-19. Atas hasil itu, dia diperbolehkan pulang. Dalam kepulangannya, Sagimin disambut tangis haru keluarga dan warga sekitar. Selain itu kepulangannya disambut pula oleh Camat Sumpiuh, Ahmad Suryanto.

Dalam sambutan tersebut, jumlah penjenguk memang sengaja dibatasi agar tidak terjadi kerumunan.

"Kami sudah sosialisasikan ke warga agar kepulangan pasien diterima dengan baik. Namun tetap menjaga jarak," ujar Ahmad Suryanto dilansir dari Liputan6.com pada Sabtu (4/4).

2 dari 4 halaman

Sudah Tidak Berpotensi Menular

Kepulangan Sagimin terasa lebih istimewa karena diantar langsung oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono. Sadewo menjelaskan dengan kepastian tes swab yang hasilnya negatif, Sagimin dan satu pasien sembuh lainnya asal Banyumas sudah tidak berpotensi menularkan virus COVID-19 ke orang lain.

Walau begitu, dia meminta kedua pasien itu untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi anjuran dokter. Sebab, pasien yang sembuh itu butuh fase pemulihan dan banyak istirahat agar kesehatannya pulih seperti sedia kala.

"Pokoknya kalau menuruti anjuran dokter Insya Allah sembuh. Jadi jangan ngeyel. Turuti aturan pemerintah agar semua berjalan lancar dan Virus Corona segera hilang," ujar Sadewo, Sabtu (4/4).

3 dari 4 halaman

Bupati Banyumas Sempat Menjenguk

pasien di banyumas sembuh dari virus corona

2020 liputan6.com

Pada Kamis (2/4) Bupati Banyumas Achmad Husein sempat menjenguk kedua pasien COVID-19 itu di tempat karantina. Walau sudah dinyatakan sembuh, Achmad Husein meminta mereka untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan berperilaku hidup bersih dan sehat selama Virus Corona dinyatakan hilang dari Indonesia.

"Ini buktinya saya berani megang-megang, bahkan merangkul Pak S dan Mas AS," ujar Achmad Husein, Sabtu (4/4).

4 dari 4 halaman

Makan Kue Bersama

Acara kunjungan Bupati terhadap pasien yang sembuh dari Virus Corona itu berlangsung hangat. Mereka terlihat santai dan penuh gembira. Bahkan mereka bertiga makan kue bersama. Atas kesembuhan mereka, Achmad Husein meminta warga Kemiri dan Kracak bisa menerima mereka berdua dengan sebaik-baiknya.

"Sementara itu Direktur RSUD Banyumas, dr Dani Esti Novia mengatakan bahwa kedua pasien itu memang sudah sembuh. Ya, sudah sembuh," ucap Dani dilansir Liputan6.com pada Sabtu (4/4).

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini