Gerindra Umumkan 2 Cawagub DKI, PKS Tak Ikutan dan Singgung Grasa-Grusu

Senin, 20 Januari 2020 17:12 Reporter : Nur Habibie
Gerindra Umumkan 2 Cawagub DKI, PKS Tak Ikutan dan Singgung Grasa-Grusu anies baswedan bersama prabowo dan sohibul iman. ©2018 Merdeka.com/facebook prabowo subianto

Merdeka.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengaku tak tahu Gerindra sudah umumkan dua nama calon Wagub DKI. Dalam pengumuman yang dilakukan Gerindra siang tadi, memang tak ada perwakilan dari PKS. Gerindra umumkan Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sebagai kandidat Cawagub DKI.

Sohibul belum mau mengakui nama itu. Sebab, PKS lebih memilih menghargai proses pemilihan dengan memberitahukan terlebih dahulu kepada Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Oh kita enggak tahu, dia (Gerindra) ngumumin enggak tahu saya," kata Sohibul di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (20/1).

1 dari 3 halaman

Sohibul ingin lebih dulu diberitahukan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan, setelah itu baru diumumkan ke publik.

"Jadi, karena sekarang kita belum menyampaikan kepada gubernur, ya kami tidak berani mengumumkan. Kami mengumumkan ketika sudah diserahkan ke gubernur," jelas Sohibul.

Dia pun mengungkapkan, PKS sudah menyiapkan kadernya untuk menjadi Cawagub. Meski begitu, ia akan tetap menunggu proses hingga selesai dan tak ingin tergesa-gesa dalam mengumumkan Cawagub.

"Jadi saya sampaikan, PKS sudah menyiapkan nama kader PKS yang mau dicalonkan. Yang kedua, PKS juga berkomitmen mengambil 1 di antara 4 yang diusulkan oleh Gerindra," ungkapnya.

"Nah tentu kan ada proses, sampai itu proses selesai, kemudian dimasukkan ke dalam amplop, diserahkan kepada gubernur, di situlah PKS akan mengumumkan. Jadi PKS ini partai yang tidak grasak grusuk, kami taat azas," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Dia pun menegaskan, taat kepada aturan dan proses yang sudah ada atau ditentukan. Salah satunya yakni ketika nama itu sudah masuk ke dalam amplop dan amplop tersebut sudah diserahkan kepada gubernur.

"Anda ingat ketika mencalonkan Syaikhu dengan Agung? Kami umumkan ketika kami menyampaikan kepada gubernur. Jadi begitulah sejatinya, kita pasti sampaikan kepada publik. Tapi kita taat azas, taat proses, itu sudah benar-benar final ketika sudah masuk amplop dan amplop diserahkan ke gubernur, di situ baru kami akan umumkan," tegasnya.

Saat disinggung dua nama yakni Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sudah final atau resmi. Ia pun ingin hal itu ditanyakan kepada pihak yang mengumumkan.

"Tanya ke mereka, tanya ke mereka. Saya tidak tahu," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengusulkan dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta yang akan menjadi pengganti Sandiaga Salahuddin Uno. Dua nama tersebut perwakilan PKS dan Gerindra.

"Telah setuju dan ajukan dua nama yang telah dijadikan cawagub DKI yaitu 1 Saudara Nurmansyah Lubis dari PKS. Dan kedua adalah Saudara Riza Patria dari Gerindra," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat jumpa pers di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (20/1). [rnd]

Baca juga:
PKS: Nurmansjah Ahli Akuntansi, Cocok Dampingi Anies Baswedan
Dua Nama Calon Wagub DKI Atas Kesepakatan Prabowo dan Sohibul Iman
Dua Nama Cawagub DKI Jakarta: Riza Patria dan Nurmansyah Lubis
Riza Patria soal Cawagub DKI: Tunggu Pengumuman Resmi
Pemilihan Wagub DKI Tak Kunjung Usai, Mahasiswa Untar Gugat ke MK

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini