Menilik sejarah Lyon sebagai kota mural di Prancis

Rabu, 15 November 2017 13:12 Reporter : Tantri Setyorini
Mural di kota Lyon, Prancis. ©Flickr/thierry llansades

Merdeka.com - Banyak julukan yang dialamatkan kepada Lyon, sebuah kota di Prancis. Mulai dari kota budaya, kota mawar, hingga kota gastronomi. Dan tak ketinggalan kota mural, bukti dari suburnya budaya pop di kota ini.

Gedung-gedung tua di Lyon berhias mural-mural cantik. Bukan mural yang dibuat sembarangan oleh tangan-tangan iseng. Setidaknya ada lebih dari 150 mural yang mewarnai sudut-sudut kota. Dibuat dengan gaya trompe l'oeil dan menampilkan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan kota tersebut maupun pemandangan kehidupan sehari-hari.

Mural di kota Lyon, Prancis ©Flickr/Sylvie burr

Mural di kota Lyon, Prancis ©CitéCréation

Dilansir Amusing Planet, sejarah Lyon dan mural dimulai sejak tahun 1970-an. Digagas oleh para pelajar yang ingin agar seni bisa dinikmati rakyat biasa, sehingga mereka tak harus masuk ke dalam galeri atau museum terlebih dahulu. Selain itu, mereka ingin agar Lyon yang kala itu suram jadi lebih ceria.

Mural di kota Lyon, Prancis ©CitéCréation

Mural di kota Lyon, Prancis ©CitéCréation

Kemudian lahirlah CiteCreation, sebuah gerakan untuk mempercantik Lyon dengan mural pada tahun 1978. Aktivitas mereka didukung oleh walikota Lyon pada saat itu, Michel Noir. Kala itu Noir memang tengah berupaya untuk mengubah wajah Lyon yang identik dengan industri dan polusi.

Beberapa hasil karya CiteCreation yang paling dikenal antara lain Mur des Canuts, mural di tembok seluas 3.900 meter persegi di distrik Croix-Rousse yang berbukit.

Mural di kota Lyon, Prancis ©Flickr/thierry llansades

Mural di kota Lyon, Prancis ©Flickr/thierry llansades

La Fresque des Lyonnais, sebuah mural yang menggambarkan 30 tokoh terkenal Lyon juga populer.

Mural di kota Lyon, Prancis ©Flickr/Andrew

Di tembok itu bisa ditemui gambar kaisar Romawi Claudius, perintis pembuatan film Lumiere bersaudara, penemu alat tenun Jacquard Joseph-Marie Jacquard, dan penulis Antoine de Saint-Exupéry.

Tetapi karya-karya CiteCreation tak hanya terbatas di Lyon atau bahkan Prancis. Gerakan para seniman mural ini sudah menghasilkan lebih dari 650 mural di seluruh dunia, mulai dari Kanada sampai China. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Travel
  2. Objek Wisata
  3. Prancis
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.