Manfaat Alpukat Buat Kecantikan Jika Dikonsumsi Secara Teratur

Jumat, 27 September 2019 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
Manfaat Alpukat Buat Kecantikan Jika Dikonsumsi Secara Teratur Ilustrasi alpukat. ©Shutterstock/ Dream79

Merdeka.com - Konsumsi satu buah alpukat setiap hari dan dapatkan aneka manfaatnya. Alpukat atau avokad merupakan salah satu buah paling bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Meskipun kerap dituding menggemukkan, nyatanya buah yang memiliki rasa seperti mentega ini justru mengandung banyak nutrisi baik.

Alpukat pun populer sebagai bahan perawatan kecantikan alami seperti masker wajah dan krim creambath. Lalu bagaimana dengan manfaatnya jika disantap?

Mengonsumsi alpukat secara teratur akan memberikan sejumlah manfaat kecantikan untuk Anda. Berikut ini beberapa manfaat alpukat seperti dilansir NDTV Food.

1 dari 8 halaman

Membantu Diet

Sekitar 7 persen dari total berat alpukat terdiri dari serat, cukup tinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan lain.

Sejumlah penelitian membuktikan kalau alpukat termasuk makanan yang 'ramah' bagi pejuang diet. Sebuah studi bahkan menyebut orang yang menyantap alpukat bersama makanan utama akan merasa 23 persen lebih kenyang dan memiliki nafsu makan 28 persen lebih rendah hingga 5 jam kemudian.

2 dari 8 halaman

Membantu Memudarkan Stretchmark

Menggabungkan lemak sehat dalam diet Anda juga akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu mencegah stretch mark.

3 dari 8 halaman

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Alpukat memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin C dan E tubuh setiap hari. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari aktivitas radikal bebas. Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya juga memiliki khasiat serupa.

4 dari 8 halaman

Melembapkan Kulit dari Dalam

Manfaat alpukat selanjutnya adalah melembapkan. Daging buah alpukat kaya antioksidan betakaroten, lesitin, dan asam linoleat yang berfungsi melembapkan kulit dari dalam. Vitamin E yang dikandungnya juga bisa mengobati bibir pecah-pecah.

5 dari 8 halaman

Mengatasi Jerawat

Alpukat diperkaya asam laurat yang memiliki khasiat anti-inflamasi dan anti-mikroba, dengan demikian baik untuk melawan jerawat dari dalam.

6 dari 8 halaman

Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari

Sinar matahari sebenarnya menyehatkan, karena mengandung vitamin D. Namun sinar ultraviolet A dan B juga bisa mengakibatkan kerusakan pada sel kulit.

Tokoferol dan tokotrienol yang terkandung di dalam vitamin E akan memberikan perlindungan bagi kulit dari efek merusak sinar ultraviolet.

7 dari 8 halaman

Menjaga Ketahanan Kulit

Alpukat juga mengandung antioksidan dan karotenoid seperti alfakaroten dan betakaroten, betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin. Nutrisi-nutrisi ini memberikan perlindungan kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan.

Kadar karotenoid yang baik dalam makanan ini juga terbukti dapat meningkatkan kepadatan dan ketahanan kulit.

8 dari 8 halaman

Menjadikan Kulit Lembut

Manfaat alpukat yang terakhir adalah menjadikan kulit lembut dari dalam. Alpukat mengandung asam oleat, asam lemak sehat yang bertugas membantu regenerasi sel epidermis dan menjaga kelembutannya hingga ke tingkat sel.

Demikian manfaat-manfaat alpukat jika dikonsumsi secara teratur. [tsr]

Baca juga:
Mengungkap Manfaat yang Dimiliki Buah dan Sayur Berdasar Warnanya
Ini Khasiat Kecantikan yang Dikandung Buah Ceri
Begini Cara Mudah Bagi Orang Tua Penuhi Kebutuhan Serat pada Anak
Konsumsi Buah dan Sayur dalam Kondisi Mentah Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini