Lebih Nikmat Langsung Dimakan, Ini 5 Buah ini yang Kurang Cocok Dijadikan Jus

Kamis, 28 Oktober 2021 09:37 Reporter : Jeffreydien Winanda
Lebih Nikmat Langsung Dimakan, Ini 5 Buah ini yang Kurang Cocok Dijadikan Jus Lebih Nikmat Langsung Dimakan, Ini 5 Buah ini yang Kurang Cocok Dijadikan Jus. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menikmati segarnya jus buah di siang hari yang terik adalah salah satu momen melegakan. Jus memang dikenal sebagai minuman yang menyehatkan lantaran kandungan nutrisi buah di dalamnya bersatu dalam kesegaran dalam sekali teguk.

Meski begitu, nggak semua buah cocok untuk dijadikan jus loh! Alih-alih dijadikan sebagai jus, buah 6 buah di bawah ini justru lebih nikmat dikonsumsi dengan cara lain seperti dimakan langsung atau diolah menjadi sajian lainnya.

Pisang

lebih nikmat langsung dimakan ini 5 buah ini yang kurang cocok dijadikan jus
©2021 Shutterstock

Pisang adalah salah satu buah dengan kadar nutrisi yang komplit. Bahkan pisang adalah salah satu buat ideal untuk menambah energi bagi para olahragawan atau sebagai pelengkap menu sarapan jelang beraktivitas.

Meski begitu, pisang adalah salah satu buah yang kurang cocok dijadikan jus. Hal ini lantaran pisang kurang memberikan kadar air saat diolah menjadi jus. Alih-alih diolah dengan juicer, pisang justru akan lebih nikmat jika disajikan sebagai smoothies.

Pir

lebih nikmat langsung dimakan ini 5 buah ini yang kurang cocok dijadikan jus
©2021 Shutterstock

Buah pir yang memiliki banyak kandungan air sering dijadikan pilihan banyak orang untuk membuat jus. Namun bagi berbagai kalangan, jus buah pir bisa mengganggu kesehatan.

Buah pir mengandung sorbitol, yaitu senyawa gula yang lambat ketika dicerna tubuh serta merangsang pergerakan usus. Jika seseorang terkena diare, mengonsumsi jus buah pir bisa memperparah gejalanya. Selain itu, buah pir sebaiknya langsung dimakan agar mendapatkan serat sehatnya sekaligus.

Apel

lebih nikmat langsung dimakan ini 5 buah ini yang kurang cocok dijadikan jus
©2021 Shutterstock

Sama seperti buah pir, apel memiliki banyak serat yang akan terserap maksimal jika dikonsumsi secara langsung. Hal ini menjadi berbeda ketika apel dijadikan jus. Kandungan serat dan nutrisi bisa hancur dan terbuang ketika kontak dengan juicer atau blender.

Meski begitu, apel tetaplah buah yang sangat nikmat ketika disajikan dalam bentuk jus. Oleh sebab itu, sangat penting memisahkan biji dari apel sebelum dijadikan jus. Hal ini penting lantaran biji apel mengandung amygdalin yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Jeruk

lebih nikmat langsung dimakan ini 5 buah ini yang kurang cocok dijadikan jus
©2021 Shutterstock

Buah dengan kandungan tinggi vitamin C yaitu jeruk juga masuk dalam jajaran yang kurang ideal dijadikan jus. Serat yang ada di dalam jus akan berkurang ketika jeruk diolah sebagai jus.

Mengonsumsi jeruk secara langsung akan membuat nutrisi sepenuhnya terjaga. Meski begitu, cara lain yang bisa dilakukan untuk menikmati jeruk adalah dengan mengolahnya menjadi sop buah dan berdampingan dengan buah lainnya.

Alpukat

lebih nikmat langsung dimakan ini 5 buah ini yang kurang cocok dijadikan jus
©2021 Shutterstock

Alpukat adalah salah satu buah favorit banyak orang dan bisa dikonsumsi dalam bentuk apapun. Disajikan bersama telur dan sandwich untuk sarapan hingga diolah menjadi jus yang menyegarkan bisa dilakukan dengan alpukat.

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk jantung. Namun, lemak ini bisa hancur jika alpukat diolah sebagai jus. Hal inilah yang membuat nutrisi alpukat kurang sempurna saat dikonsumsi sebagai jus.

Sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, peran buah nggak bisa dilepaskan dari bahan konsumsi sehari-hari. Jus memang segar dan sehat saat dikonsumsi. Namun bijak dalam memilih buah akan membuat tubuh bisa lebih sehat dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

[jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Branded Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini