Cara Menanam dan Merawat Lidah Mertua

Senin, 18 Januari 2021 12:02 Reporter : Tantri Setyorini
Cara Menanam dan Merawat Lidah Mertua Ilustrasi lidah mertua. ©Pixabay/KRiPPS_medien

Merdeka.com - Tertarik untuk menanama lidah mertua? Tanaman hias yang satu ini memang sedang disukai, terutama karena manfaatnya yang beragam. Salah satunya adalah mampu membersihkan udara di dalam ruangan.

7 Manfaat yang Bisa Didapat dengan Menanam Lidah Mertua di Rumah

Bagaimana cara menanam lidah mertua yang benar? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Menanam Lidah Mertua

  1. Pilih tanaman induk yang sehat dan rimbun dengan banyak tunas.
  2. Bongkar dan angkat induk lidah mertua dari pot. Pisahkan akar dari tanah dengan cara mengetuk tanaman hingga tanah berguguran. Setelah terpisah dari tanah, pilih tunas yang minimal memiliki tiga helai daun. Potong batang tunas dengan pisau tajam dan olesi potongan dengan pestisida.
  3. Setelah mendapatkan tunas, tanam kembali induk lidah mertua di dalam pot.
  4. Anda bisa mulai menanam tunas lidah mertua yang sudah dipisahkan tadi. Caranya, isi 3/4 pot dengan media tanam, masukkan tunas di tengahnya dan tutupi lagi dengan media tanaman. Anda bisa menambahkan pupuk dan menempatkannya pada tempat sejuk dengan sinar matahari cukup.

2 dari 3 halaman

Stek

  1. Pilih indukan lidah mertua yang sehat dan cukup umur. Pilihlah bagian daun yang sudah tua.
  2. Potong satu daun yang sudah tua tersebut. Potong lagi menjadi bagian yang lebih kecil, minimal 10 cm.
  3. Siapkan pot dengan sirkulasi air yang baik. Isi dengan media tanam hingga penuh.
  4. Tancapkan daun lidah mertua yang sudah dipotong kecil.
  5. Siram tanaman hingga air mengalir ke dalam pot.
  6. Letakkan pot pada tempat teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari.
3 dari 3 halaman

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Cara merawat tanaman lidah mertua yang pertama adalah dengan memberikan kebutuhan sinar matahari yang cukup. Meskipun termasuk tanaman dalam ruangan yang bisa tumbuh di tempat yang redup, tetapi kebutuhan sinar matahari tetap perlu dicukupi. Pasalnya, setiap tumbuhan tetap membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis agar bisa terus tumbuh dan hidup.

Dalam hal ini, Anda bisa meletakkan tanaman lidah mertua di dekat jendela menghadap selatan, atau menempatkan sekitar 10 meter dari jendela menghadap barat atau timur.

Namun jika lokasi tidak memungkinkan adanya sinar matahari yang masuk, maka bisa disiasati dengan mengeluarkan tanaman setiap pagi. Anda bisa membawa tanaman lidah mertua ke luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari beberapa saat. Setelah itu bisa diletakkan di dalam ruangan kembali.

Siram Dua Kali Seminggu

Cara merawat tanaman lidah mertua di dalam ruangan selanjutnya yaitu dengan rutin menyirami dua kali seminggu. Perlu diketahui, tanaman lidah mertua ini tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Sebab, tanaman lidah mertua ini termasuk jenis tanaman yang bisa bertahan hidup dengan persediaan air minim.

Dengan begitu, sebaiknya kebutuhan air cukup diberikan dengan menyirami setiap dua kali seminggu saja. Jika hal ini diabaikan, dan tanaman disiram selama terus menerus maka akar tanaman bisa membusuk. Sehingga tanaman akan lebih cepat mati. Hal ini tentu saja tidak diinginkan oleh siapa saja, dengan begitu perhatikan perawatan yang secukupnya saja.

Beri Nutrisi dengan Pupuk Organik

Menggunakan pupuk organik juga termasuk salah satu cara merawat tanaman lidah mertua yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, diketahui bahwa tanaman lidah mertua bisa ditanam menggunakan jenis tanah biasa asalkan tidak terlalu lembap. Selain itu, penggunaan pupuk juga perlu diberikan agar tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan baik.

Pemberian pupuk pada tanaman lidah mertua ini lebih baik menggunakan pupuk organik dibandingkan pupuk cair. Di sini penggunaan pupuk organik akan terurai dalam waktu yang cukup lama sehingga lebih cocok pada tanaman lidah mertua yang tidak terlalu menyukai kondisi lembap. Bagi Anda yang sedang mulai menanam lidah mertua, ini menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan.

Bersihkan Gulma

Cara merawat tanaman lidah buaya yang terakhir adalah membersihkan dari gulma atau rumput liar. Meskipun memang hanya kemungkinan kecil gulma bisa tumbuh saat tanaman lidah mertua diletakkan di dalam ruangan. Namun akan lebih baik agar membersihkan pot dan tanah yang digunakan untuk menanam lidah mertua rumput liar yang sudah tumbuh.

Setelah pot dan tanah bersih, tanaman lidah mertua pun bisa segera diletakkan pada sudut dalam ruangan maupun posisi lainnya yang diinginkan. Tanah yang bersih dari gangguan gulma, tentu saja bisa memberikan lingkungan yang baik untuk tanaman lidah mertua tumbuh dengan subur. Maka fungsi dari tanaman ini pun dapat berjalan secara optimal.

Reporter: Laudia Tysara
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Tips dan Cara Menanam Adenium atau Kamboja Jepang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanaman Hias
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini