7 Cara Memakai Jilbab Modis dan Modern, dengan Tutorial plus Gambar

Minggu, 5 Mei 2019 08:00 Reporter : Tantri Setyorini
7 Cara Memakai Jilbab Modis dan Modern, dengan Tutorial plus Gambar Dewi Sandra. © Instagram/dewisandra

Merdeka.com - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang berkesadaran untuk menutup aurat, tentu tak mengherankan jika cara memakai jilbab dewasa ini semakin variatif.

Di Indonesia umumnya jenis kain yang dipakai untuk menutup rambut adalah jilbab segi empat, scarf, atau selendang yang kadang juga disebut pashmina. Cara memakai hijab-hijab ini sangat beragam. Dari yang sederhana sampai yang bergaya glamor.

Apapun bahan dan jenis hijab yang dipakai, perlu sampo dan kondisioner dengan formula tepat untuk merawat rambut di balik hijab. Agar rambut dan kulit kepala senantiasa sehat, segar, serta mendapatkan keharuman dan kesejukan dari subuh hingga isya.

Tak perlu bingung karena kini telah hadir REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo untuk merawat rambut di balik hijab, Dengan formula terbaik yang dimilikinya, rasakan kesejukan dari subuh hingga isya dan sesnsasi dingin dengan keharuman bunga kasturi sepanjang hari. Untuk pemakaian, Anda bisa menggunakan REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo, lalu sempurnakan dengan REJOICE 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner. Untuk rambut terawat dan bebas bau apek saat menggunakan hijab, selalu gunakan REJOICE!

Apakah Anda ingin mempelajari cara-cara memakai jilbab modern? Di bawah ini kami memiliki beberapa tutorial step by step yang bisa Anda simak.

Cara memakai jilbab segi empat simple dan modis untuk wajah bulat

Beberapa wanita lebih memilih jilbab instan dengan alasan jilbab segi empat yang dikreasikan membuat wajah mereka terlihat semakin bulat.

Bagi Anda yang memiliki wajah bulat, ada beberapa trik untuk menjadikan wajah terlihat lebih tirus. Pilih jilbab dengan kain tipis dan flowing, lalu majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi. Paling penting untuk diingat, pilih model ikatan jilbab yang tidak terlalu berat di bagian atas.

Khusus untuk Anda, berikut ini kami tampilkan tutorial cara memakai jilbab segi emat untuk wajah bulat.

Tutorial cara memakai hijab segi empat Istimewa


Cara memakai jilbab segi empat:

  1. Pasang kerudung segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner jilbab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas.
  2. Sematkan tepi kerudung yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.
  3. Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas. Majukan kerudung sampai menutupi sebagian pipi.
  4. Ambil bagian kerudung yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.
  5. Tarik terus ujung kerudung hingga kembali ke sebelah kanan.
  6. Terakhir sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

Itulah cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat. Ingat tips dan trik di atas sebelum memakai jilbab.

Cara memakai jilbab segi empat kreasi

Untuk tampilan yang lebih fashionable, pasti Anda juga ingin mencoba ikatan jilbab yang lebih variatif. Biasanya model seperti ini dibuat dengan pashmina, karena lebih panjang dan lebih mudah dikreasikan.

Tetapi Anda yang tidak memiliki pashmina pun sebenarnya masih tetap bisa berkreasi dengan jilbab segi empat.

Berikut ini kami tampilkan satu tutorial jilbab segi empat kreasi yang feminin dan modis. Cocok untuk ke pesta maupun acara semiformal.

Cara memakai jilbab segi empat kreasi © Witha


Cara memakai jilbab segi empat kreasi

Lipat jilbab menjadi bentuk segitiga, kemudian kerudungkan dengan kedua sisi sama panjang.

  1. Bawa kain sisi kanan ke arah sisi kiri melewati depan seperti di dalam gambar.
  2. Sematkan ujung sisi kanan yang ditarik tadi dengan jarum pentul. Sematkan beberapa sentimeter di belakang pelipis kiri agar inner terlihat.
  3. Rapikan sisa kain dari sebelah kanan yang sudah disematkan di dekat pelipis kiri tadi dengan membawanya ke arah pundak sebelah kiri.
  4. Sematkan kain dengan jarum pentul di pundak kiri agar terlihat rapi.
  5. Tarik sedikit kain dari sisi kiri yang menempel pada pelipis untuk memperlihatkan inner. Setelah itu sematkan dengan menciptakan efek kerutan.
  6. Lipat sedikit sisa kain sebelah kiri ke arah belakang, kemudian sematkan dengan jarum atau pin yang cantik.

Demikian cara memakai jilbab segi empat kreasi yang modis. Anda juga bisa menambahkan aksesoris cantik seperti pin dan bros untuk jilbab polos.

Cara memakai jilbab segi empat untuk pesta pernikahan

Untuk menghadiri pesta atau pengantin, biasanya jilbab dikenakan dengan model yang lebih glamor. Misalnya saja jilbab dengan aksen layer cantik di salah satu sisi kepala.

Anda ingin mempelajari cara memakai jilbab seperti ini? Berikut ini kami tampilkan tutorialnya disertai gambar.

Cara memakai jilbab segi empat untuk pesta © Istimewa


Cara memakai jilbab segi empat untuk pesta:

  1. Bentuk hijab segi empat menjadi segitiga.
  2. Kerudungkan jilbab dengan bagian kiri dan kanan sama panjang.
  3. Sematkan jarum di bagian pipi bawah sebelah kiri.
  4. Sematkan juga bagian kanan dengan jarum.
  5. Pastikan kedua sisi benar benar sama panjang.
  6. Tarik kedua sisi jilbab ke bagian kanan belakang.
  7. Ambil ujung kain yang paling panjang.
  8. Tarik ke puncak kepala hingga membentuk layer cantik. Sematkan dengan jarum pentul.

Itulah cara memakai jilbab segi empat untuk acara pesta dan pernikahan. Pilih kain jilbab satin, sifon, organza, atau pashmina tebal agar penampilan terlihat lebih mewah.

Cara memakai jilbab pashmina dan organza

Belakangan ini jilbab pashmina dan organza semakin digemari wanita. Pasalnya kedua jenis jilbab ini bisa memberikan tampilan mewah.

Pashmina adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut jilbab selendang. Sementara pashmina yang sesungguhnya adalah kain selendang berbahan wol atau kashmir.

Organza merupakan jenis kain yang tipis dan tembus pandang, dengan permukaan mengkilap dan lebih kaku daripada sifon.

Bagaimana cara memakai jilbab pashmina dan organza yang stylish? Berikut ini satu tutorial yang bisa Anda coba.

Tutorial cara memakai hijab pashmina © Hijabgamismukena.wordpress.com


Cara memakai jilbab pashmina:

  1. Setelah memakai inner, pasang pashmina di kepala dengan bagian kanan lebih panjang. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga kanan.
  2. Rapikan kerudung, kemudian tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri.
  3. Tarik terus sampai kembali ke pundak kanan. Biarkan terjuntai dan rapikan dengan tangan.

Demikian cara memakai jilbab pashmina yang paling sederhana. Ingin tahu cara memakai jilbab pashmina yang lebih kreatif? Berikut ini tutorial pashmina dengan aksen ikat yang bisa Anda coba.

Cara memakai jilbab pashmina dengan aksen ikat © Wolipop


Cara memakai jilbab pashmina dengan aksen ikat:

  1. Ambil pashmina panjang yang agak tipis dan lentur. Lipat sisi atasnya ke bagian dalam. Kerudungkan di kepala dengan sisi kanan lebih pendek dari sisi kiri.
  2. Rapikan pashmina agar tepiannya tidak mengerut. Sematkan jarum pentul di bagian bawah leher.
  3. Ambil sisi pashmina yang panjang, bawa ke atas kepala dengan memutari sisi yang pendek. Setelah itu sematkan jarum pentul di bagian samping kepala.
  4. Ambil sisi panjang pashmina, kemudian bawa ke depan dagu. Sematkan kembali jarum pentul di bagian bawah dagu agar jilbab terlihat rapi.
  5. Bawa sisi panjang pashmina ke bagian kanan, letakkan di bawah sisi yang pendek. Ikat bagian yang panjang dan sisi kiri menjadi satu simpul yang rapi, kemudian sematkan dengan jarum pentul di bagian bahu.

Itulah cara memakai jilbab pashmina dengan aksen ikat. Kedua tutorial di atas juga bisa diterapkan untuk jilbab selendang berbahan organza yang lembut.

Cara memakai jilbab segitiga

Tutorial cara memakai hijab segitiga © Istimewa


Untuk Anda yang lebih memilih jilbab segitiga, ada beberapa model yang umum dipakai para hijaber. Berikut ini salah satu yang bisa Anda coba.

Cara memakai jilbab segitiga:

  1. Lipat kerudung segi empat menjadi segitiga. Kemudian letakkan di kepala dengan kedua sisi yang sama panjang. Ambil bagian tengah kerudung, bukan tepiannya. Setelah itu sematkan dengan jarum atau peniti.
  2. Silangkan kedua ujung kerudung, kemudian sampirkan ke balik pundak. Satukan kedua ujung tersebut, kemudian ikat. Pastikan ikatan tertutup ujung segitiga kerudung yang berada di bagian belakang.
  3. Rapikan bagian depannya dengan tangan agar tidak terlihat ketat di bagian leher.

Untuk cara memakai jilbab seperti tutorial di atas, Anda bisa menggunakan jilbab segitiga atau jilbab segi empat yang dilipat hingga membentuk segitiga.

Cara memakai jilbab ala pegawai bank

Apakah Anda sering memperhatikan model jilbab yang dikenakan para pegawai bank? Memang terlihat lebih rapi dan simpel, ya. Bagaimana cara memakai jilbab seperti ini?

Model jilbab yang digunakan pegawai bank biasanya lebih pendek dan diikat di sekitar leher. Salah satu artis yang menggunakan jilbab dengan model seperti ini adalah Laudya Chintya Bella. Karena itulah, melalui tutorial berikut kita akan belajar cara memakai jilbab ala Laudya Chintya Bella. Simak langkah demi langkahnya.

Cara memakai jilbab Laudya Chintya Bella © Istimewa


Cara memakai jilbab pegawai bank ala Laudya Chintya Bella:

  1. Siapkan scarf sutera atau satin, kemudian lipat menjadi segitiga.
  2. Kerudungkan scarf di atas kepala yang sudah memakai inner. Pastikan kedua sisinya sama panjang. Kemudian ambil jarum pentul dan sematkan di bawah dagu.
  3. Silangkan kedua bagian, lalu ikat di belakang leher. Pastikan ikatan tersembunyi di balik bagian segitiga jilbab. Setelah itu rapikan bagian depan jilbab yang terlihat mengerut atau tak rapi.

Demikian aneka tutorial cara memakai hijab dengan berbagai model. Anda bisa menkreasikan model-model di atas dengan berbagai aksesoris dan bahan kerudung yang berbeda. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini