Xi Jinping Kirim Kawat Ucapan Selamat Kepada Jokowi karena Menang Pilpres 2019

Rabu, 22 Mei 2019 16:07 Reporter : Merdeka
Xi Jinping Kirim Kawat Ucapan Selamat Kepada Jokowi karena Menang Pilpres 2019 xi jinping. ©Project Syndicate

Merdeka.com - Presiden China Xi Jinping kemarin Menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Dalam situs resmi Kedutaan Besar China di Indonesia, Presiden Xi Jinping mengirim kawat ucapan selamat kepada Presiden Jokowi atas kemenangannya.

"Sebagai dua negara berkembang yang besar, China dan Indonesia merupakan mitra kerja sama natural yang memiliki banyak kepentingan sama di tingkat bilateral, regional maupun multilateral," demikian dikatakan Xi Jinping dalam keterangan pers di situs id.china-embassy.org, Rabu (22/5).

"Beberapa tahun terakhir ini, melalui pembangunan Belt and Road bersama, kedua negara terus menyinergikan strategi pembangunan masing-masing."

"Supaya kerja sama pragmatis di berbagai bidang menghasilkan kemajuan menonjol yang mendorong hubungan bilateral kita berkembang pesat dan memasuki tahap baru."

Berdasarkan rekapitulasi suara yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. KPU menyebut, jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601.

Dalam pernyataannya, Xi Jinping juga berharap agar adanya kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara.

"Saya sangat mementingkan hubungan antara China dan Indonesia dan bersedia terus bekerja sama dengan Presiden Jokowi untuk memimpin kemitraan strategis komprehensif China-Indonesia melangkah ke tingkat lebih tinggi dari capaian dalam lima tahun berlalu dalam rangka memberi manfaat kepada kedua negara kita dan rakyatnya."

Reporter: Rizki Akbar Hasan

Sumber: Liputan6.com [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini