Serangan Udara Koalisi Saudi Bombardir Ibu Kota Yaman, Enam Warga Sipil Tewas

Kamis, 16 Mei 2019 21:58 Reporter : Pandasurya Wijaya
Serangan Udara Koalisi Saudi Bombardir Ibu Kota Yaman, Enam Warga Sipil Tewas Kantor kepresidenan Yaman digempur. ©REUTERS/Khaled Abdullah

Merdeka.com - Sedikitnya enam warga sipil tewas, termasuk perempuan dan anak-anak akibat serangan udara koalisi Arab Saudi ke Ibu Kota Sanaa, Yaman hari ini.

Stasiun televisi yang dikelola pemberontak Huthi, Al Masirah TV melaporkan, pasukan koalisi Saudi-Uni Emirat Arab melancarkan 11 serangan udara dari 19 wilayah yang dikuasai pemberontak di Sanaa.

Dikutip dari laman Aljazeera, Kamis (16/5), stasiun televisi pemerintah Saudi, Al Arabiya mengutip pernyataan pasukan koalisi yang mengatakan, pasukan mereka melancarkan operasi yang bertujuan menetralisir kemampuan milisi Huthi dalam melancarkan agresi.

Al Masirah mengutip Kementerian Kesehatan Huthi yang menyebut enam warga sipil tewas, termasuk empat anak dan melukai 52 orang lainnya, termasuk dua perempuan Rusia yang tengah bertugas di sektor kesehatan.

Peristiwa ini terjadi hanya berselang dua hari dari serangan pesawat nirawak oleh pemberontak terhadap jalur pipa minyak Saudi.

Saksi mengatakan kepada kantor berita AFP, serangan udara koalisi itu terjadi mulai pukul 08.00.

Jurnalis Yaman, Nassir Arrabyi, mengatakan jumlah korban tewas masih bisa bertambah.

"Kawasan padat penduduk di tengah Sanaa dibombardir secara acak dan banyak rumah hancur," kata dia.

Dua hari lalu pemberontak Huthi mengklaim bertanggung jawab atas dua serangan pesawat nirawak terhadap jalur pipa Saudi. Mereka mengatakan serangan itu adalah balasan terhadap tindak kejahatan dilakukan Riyadh dalam perang di Yaman yang berlangsung sejak Maret 2015. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Yaman
  2. Arab Saudi
  3. Yaman Digempur
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini