Putin kembali menang pemilu Rusia, berkuasa lagi enam tahun ke depan

Senin, 19 Maret 2018 23:11 Reporter : Pandasurya Wijaya
Putin kembali menang pemilu Rusia, berkuasa lagi enam tahun ke depan Presiden Rusia Vladimir Putin. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Rusia Vladimir Putin kembali berkuasa selama enam tahun ke depan setelah memenangkan pemilihan presiden digelar kemarin.

Kemenangan ini membuat Putin hampir berkuasa selama seperempat abad hingga 2024 mendatang di saat usianya nanti menginjak 71 tahun. Selama ini hanya diktator Joseph Stalin berkuasa lebih lama dari Putin.

Selama kampanye Putin berjanji memperkuat pertahanan Rusia melawan negara Barat dan meningkatkan standar hidup rakyat Negeri Beruang Merah.

Laman Asia One melaporkan, Selasa (19/3), Komisi Pemilihan Umum Rusia menyatakan Putin meraih 75,9 persen suara dibanding para pesaingnya, Pavel Grudinin dari Partai Komunis yang mendapat 13 persen suara dan Vladimir Zhirinovsky, enam persen suara.

Dalam pidato kemenangannya di Lapangan Merah, Moskow, Putin mengatakan kepada para pendukungnya dia memenangkan pemilu ini dalam kondisi sulit.

"Sangat penting untuk menjaga persatuan. Kita akan tentukan masa depan tanah air kita," kata Putin disambut riuh massa yang meneriakkan kata-kata 'Rusia!'

Kemenangan Putin ini sudah diprediksi karena selama ini dia didukung media pemerintah, partai berkuasa dan survei-survei menyatakan 80 persen rakyat Rusia menyokongnya.

Pemimpin oposisi Alexei Navalny dilarang ikut pilpres dan sempat ditangkap aparat keamanan karena bersuara keras terhadap pemerintah. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini