NASA Bakal Rilis Gambar Terdalam dari Alam Semesta

Sabtu, 2 Juli 2022 09:00 Reporter : Hari Ariyanti
NASA Bakal Rilis Gambar Terdalam dari Alam Semesta Alam semesta. ©buzzfeed.com

Merdeka.com - Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA akan merilis "gambar terdalam" alam semesta. Dalam pengumumannya, NASA menyampaikan gambar tersebut merupakan salah satu dari sejumlah gambar yang sedang diproses dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

"Salah satu dari gambar-gambar yang (dirilis) pada 12 Juli adalah gambar terdalam alam semesta kita yang pernah diambil," jelas pejabat NASA, Bill Nelson, dikutip dari laman The Independent, Jumat (1/7).

"Ini lebih jauh daripada yang pernah dilihat manusia, dan kami baru mulai memahami apa yang dapat dan akan dilakukan Webb."

Gambar itu juga mencakup "spektrum" pertama yang pernah diambil teleskop Webb dari luar planet sistem tata surya kita. Gamba-gambar tersebut bisa mengungkap susunan atmosfter terjauh dunia dan bisa membantu menunjukkan mana yang bisa dihuni.

"Ini akan mengeksplorasi benda-benda di Tata Surya, dan atmosfer planet di luar tata surya yang mengorbit bintang lain, memberikan kita petunjuk apakah atmosfer mereka mirip dengan kita," jelas Nelson.

"Itu mungkin akan menjawab beberapa pertanyaan yang ada. Dari mana kita berasal? Ada apalagi di luar sana? Siapa kita?"

Gambar pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb akan dirilis pada 12 Juli pukul 10.30 waktu setempat dan para ilmuwan mengatakan gambar tersebut dan juga gambar-gambar lainnya yang menyusul bisa mengubah pemahaman kita tentang kosmos.

Teleskop Luar Angkasa James Webb meninggalkan Bumi pada Hari Natal 2021, setelah perencanaan puluhan tahun dan sempat tertunda. James Webb terbang ke tempat yang telah ditetapkan di luar angkasa, jauh dari Bumi.

Teleskop ini juga mengumpulkan data gambar pertamanya, dan mengirimnya ke teknisi di Institut Sains Teleskop Luar Angkasa untuk diproses. NASA menyampaikan, observasi sains pertama diambil pada 21 Juni, titik balik Matahari di Bumi. [pan]

Baca juga:
Temukan Harta Karun di Luar Angkasa, NASA Tunda Misi Penelitian
Roket Misterius Hantam Bulan, Ciptakan Kawah Ganda
Ilmuwan NASA Amati Komet Terbesar yang Pernah Terlihat Menuju Bumi
Ilmuwan Ingin Kirim Gambar Manusia Bugil ke Luar Angkasa untuk Menarik Alien
Ilmuwan Peringatkan NASA Bisa Picu Serangan Alien

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini