KBRI imbau 370 WNI di Iran hindari kerumunan massa demonstrasi

Rabu, 3 Januari 2018 20:32 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
KBRI imbau 370 WNI di Iran hindari kerumunan massa demonstrasi demo di Iran. ©ncr-iran.org

Merdeka.com - Duta besar Indonesia untuk Iran Octaviano Alimudin mengatakan aksi unjuk rasa di Iran kini sudah mereda. Namun, KBRI tetap mengimbau 370 WNI yang berada di Iran tetap waspada dan harus berhati-hati.

Menurut Octaviano, kondisi Iran sejauh ini normal, karena perkantoran dan perniagaan berjalan tanpa hambatan. Tidak ada jam malam atau penutupan area dan demo terjadi pada malam hari setelah jam kantor.

"Kondisi WNI alhamdulillah aman. Kami sejak awal demo berlangsung dan hingga kemarin meminta seluruh WNI di Iran waspada dan menghindari kerumunan massa, membawa tanda pengenal dan menghubungi KBRI apabila terdapat ancaman terhadap keselamatan mereka." kata Octaviano dalam pesan singkat kepada merdeka.com, Rabu (3/1).

Menurut Octaviano, masalah utama yang muncul dan menjadi penyebab demonstrasi adalah persoalan ekonomi, khususnya terkait dengan kebutuhan pokok dan tingginya angka pengangguran.

"Isu tersebut bertambah dengan keinginan sekelompok masyarakat yang kecewa dengan pemerintah saat ini dan ingin mengubah sistem negara Islam yang dianut Iran," kata Octaviano.

Dubes juga menambahkan aksi unjuk rasa yang semula damai dan kemudian bentrok dengan aparat keamanan, yang membuat berita meluas di media barat.

"Semoga suasana akan semakin kondusif ke depannya," harap dubes. [pan]

Baca juga:
Bayang-bayang Revolusi 1979 dalam unjuk rasa di Iran
AS sebut tuduhan Iran soal demo cuma omong kosong
Trump tuding pemerintah Iran rezim brutal dan korup
Ali Khamenei: Musuh pakai segala cara buat mengganggu Iran
Ada Israel dan AS di balik demo Iran

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Iran
  3. Demo Iran
  4. WNI
  5. KBRI
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini