Jurnalis di Meksiko dibunuh lagi

Minggu, 14 Januari 2018 11:47 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Jurnalis di Meksiko dibunuh lagi Ilustrasi mayat. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Di awal 2018, kekerasan terhadap jurnalis di Meksiko masih terjadi. Seorang pewarta senior bernama Carlos Dominguez Rodriguez (77) dibunuh ketika melintas di Kota Nuevo Laredo, Negara Bagian Tamaulipas, pada Sabtu kemarin.

Dilansir dari laman Associated Press, Minggu (14/1), menurut juru bicara aparat keamanan Meksiko, Luis Alberto Rodriguez, Carlos saat itu sedang mengendarai mobil ditemani kerabatnya. Di tengah perjalanan, mobil itu dihentikan oleh sekelompok orang tidak dikenal. Mereka lantas menghujamkan senjata tajam berkali-kali dan menembak Carlos hingga tewas. Kerabatnya sama sekali tidak terluka.

Rodriguez menyatakan, Carlos selama ini bekerja sebagai pewarta lepas dan memasok artikel ke sejumlah media massa. Sampai saat ini belum diketahui apa motif pembunuhan terhadap Carlos. Sebab, mendiang selama ini tidak pernah melaporkan soal ancaman atau apapun yang membahayakan keselamatannya.

Tahun lalu saja, sepuluh jurnalis Meksiko meregang nyawa karena dibunuh lantaran artikel mereka tulis. Negara Bagian Tamaulipas adalah salah satu tempat dikuasai sejumlah kartel narkoba. Mereka tidak segan-segan mengancam dan melakukan kekerasan buat membungkam awak media. Aparat penegak hukum juga jarang membongkar kasus-kasus kematian diduga melibatkan sindikat kejahatan.

[ary]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini