Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata Pantau Aktivitas Nuklir Iran

Selasa, 7 Juli 2020 15:05 Reporter : Iqbal Fadil
Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata Pantau Aktivitas Nuklir Iran Israel luncurkan satelit Ofek 16. ©Reuters

Merdeka.com - Israel telah meluncurkan satelit mata-mata baru pada hari Senin yang dapat membantu memantau aktivitas nuklir Iran. Pejabat Israel sebelumnya telah membantah dugaan sabotase asing dalam insiden baru-baru ini di fasilitas nuklir Iran Natanz.

Kementerian pertahanan Israel mengatakan satelit Ofek 16 mentransmisikan data setelah berhasil diluncurkan pada Senin pagi, bergabung dengan berbagai satelit mata-mata berurutan yang telah ditempatkan Israel ke orbitnya sejak tahun 1988.

"Investasi negara Israel dalam teknologi luar angkasa dianggap penting dan strategis untuk tujuan intelijen," kata seorang pejabat pertahanan Israel seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (7/7).

Penambahan satelit lain akan meningkatkan kecepatan pengumpulan intelijen Israel, kata Amnon Harari, kepala program ruang angkasa dan satelit kementerian pertahanan.

"Setelah Anda memiliki lebih dari satu satelit secara paralel di langit, Anda mencapai waktu kunjungan yang lebih baik daripada target yang diinginkan," katanya.

"Iran banyak berinvestasi untuk membangun kekuatan dan program luar angkasa," tambah Harari, merujuk pada Teheran yang berhasil meluncurkan satelit militernya sendiri pada bulan April setelah berbulan-bulan gagal.

"Upaya itu ada dan kita harus berasumsi bahwa pada akhirnya, mereka akan mencapai tingkat signifikan di bidang ini," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Dugaan Sabotase...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini