Indonesia minta AS desak Israel hentikan larangan ibadah di Al-Aqsa

Minggu, 23 Juli 2017 13:48 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Indonesia minta AS desak Israel hentikan larangan ibadah di Al-Aqsa Warga Palestina demo pemasangan detektor di pintu Masjid Al-Aqsa. ©Reuters/ammar awad

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menelepon mitranya, Menlu Amerika Serikat Rex Tillerson untuk membahas konflik di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur. Pembicaraan ini dilakukan pada Sabtu (22/7) pukul 22.30 WIB.

Dalam pembicaraannya dengan Tillerson, Retno meminta AS mendesak Israel menghentikan pembatasan beribadah di Masjid Al-Aqsa.

"Indonesia meminta agar Amerika Serikat mendesak Israel menghentikan pembatasn beribadah dan tindakan kekerasan di Masjid Al-Aqsa," ujar Retno, dikutip dari pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, Minggu (23/7).

Retno menuturkan Indonesia sangat khawatir dengan semakin memburuknya situasi di sana. Tindak kekerasan oleh pasukan keamanan Israel dalam beberapa waktu terakhir mengakibatkan lima orang tewas dan lebih dari seratus terluka.

Indonesia, sambung Retno mengutuk tewasnya tiga pemuda Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa dan dua lainnya di Tepi Barat.

"Penurunan eskalasi penting sekali dilakukan untuk mencegah situasi semakin memburuk," imbuh Retno.

Sementara itu, Tillerson juga menyampaikan hal senada dengan Retno. Negeri Paman Sam itu juga khawatir atas situasi yang terjadi di Kompleks Masjid Al-Aqsa.

Mantan bos Exxon itu menuturkan negaranya telah menegaskan agar status quo Masjid Al-Aqsa penting dan tetap dipelihara.

Selain dengan Menlu AS, mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini juga telah melakukan komunikasi intensif dengan Menlu Yordania, Palestina, Turki dan Sekjen OKI agar situasi di Kompleks Al Aqsa tidak memburuk, serta kegiatan beribadah dapat segera dipulihkan. Intensitas diplomasi Indonesia juga ditingkatkan di beberapa perwakilan, antara lain di Baku, Amman, Washington DC dan New York guna mengirim pesan yang kuat dan menyampaikan posisi Indonesia mengenai situasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa.

[pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini