Indonesia jadi tuan rumah Konferensi Kelautan tahun ini

Kamis, 25 Oktober 2018 21:32 Reporter : Teresa Rachel
Indonesia jadi tuan rumah Konferensi Kelautan tahun ini Maha karya Indonesia. ©Maritime News

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan menjadi salah satu pemimpin Our Ocean Conference (OOC) yang kelima yang diadakan di Nusa Dua, Bali pada 29-30 Oktober 2018.

Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup di Kementerian Luar Negeri RI Muhsin Syihab mengungkapkan arti penting konferensi ini bagi Indonesia.

"Kita tahu bahwa kita punya kawasan laut yang cukup luas dan kita tahu juga presiden kita mempunyai visi poros maritim dunia sehingga ketuanrumahan ini sebetulnya menegaskan visi dan kepemimpinan Indonesia untuk isu-isu kelautan. Dan ini juga akan menjadi upaya Indonesia untuk mensinergikan kepemimpinan di forum forum lainnya," kata dia di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (25/10).

"Seperti yang diketahui, Presiden RI Joko Widodo juga memiliki visi ‘poros marintim dunia’, sehingga dengan Indonesia menjadi tuan rumah OCC 2018 merupakan penegasan visi dan sikap kepemimpinan Indonesia terhadap isu-isu kelautan," ungkap Muhsin Syihab.

OCC 2018 diikuti oleh 70 negara yang di antaranya akan dihadiri tujuh kepala negara, 30 orang lebih menteri dan pejabat senior, 38 organisasi internasional, 290 LSM dan sektor swasta.

Sebelumnya, Pertemuan OCC pertama tahun 2014 diadakan di Amerika Serikat, 2015 di Chile, 2016 di AS dan 2017 di Uni Eropa tepatnya di Malta.

OCC merupakan media bagi seluruh pemegang saham untuk menyampaikan komitmennya di bidang kelautan. Komitmen tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan perikanan yang berkelanjutan, berupa pengurangan pencemaran laut, kawasan lindung laut, perikanan berkelanjutan, studi kelautan mengenai iklim, ekonomi biru, dan keamanan maritim. [pan]

Baca juga:
Genjot daya saing, industri galangan kapal butuh insentif pajak
Dorong RI jadi poros maritim dunia, penciptaan produk unggulan daerah terus digenjot
Ketua DPR minta pemerintah bangun pusat unggulan kelautan di daerah
Menko Luhut minta dukungan Polandia agar sawit RI bisa tetap masuk Eropa
Gelar rakornas, PDIP dukung Indonesia jadi poros maritim dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini