Ilmuwan Ingin Kirim Gambar Manusia Bugil ke Luar Angkasa untuk Menarik Alien

Senin, 9 Mei 2022 18:33 Reporter : Hari Ariyanti
Ilmuwan Ingin Kirim Gambar Manusia Bugil ke Luar Angkasa untuk Menarik Alien Alien. ©Galacti Connection

Merdeka.com - Para ilmuwan luar angkasa ingin mengirim pesan berkode untuk menarik alien, salah satunya dengan gambar manusia bugil. Sebanyak 11 peneliti dari berbagai lembaga, termasuk NASA Jet Propulsion Laboratory mengajukan proposal berjudul "A Beacon in the Galaxy" (BITG) yang diterbitkan belum lama ini di tempat penyimpanan jurnal ilmiah akses terbuka, Arxiv.

Menurut makalah tersebut, pesan yang akan dikirim disebut pesan berkode biner yang "dikembangkan untuk transmisi ke kecerdasan mahkhluk luar angkasa di galaksi Bima Sakti" dan akan mencakup konsep ilmiah termasuk bentuk manusia.

Para peneliti mengatakan, ini akan memperkuat pesat sebelumnya yang dikirim ke luar angkasa, terutama pesan Arecibo yaitu pesan radio antarbintang yang dikirim ke gugus bintang globular M13 pada 1974.

Sebelumnya NASA telah mengirim aspek yang berkaitan dengan manusia ke luar angkasa. Pada Misi Lusi 2021, disertakan sebuah puisi karya penyair Amerika Amanda Gorman, lirik dan kutipan The Beatles, dan sebuah fosil manusia purba. Voyager 1 dan 2 membawa serta piringan hitam emas dengan gambar dan suara yang dimaksudkan untuk mencerminkan budaya manusia.

Dikutip dari CNN, Senin (9/5), BITG berencana meniadakan unsur kebudayaan manusia dan hanya fokus pada konsep yang bisa lebih terbaca oleh kecerdasan makhluk luar angkasa (ETI) yaitu matematika dan fisika.

"Walaupun konsep matematika dalam istilah manusia berpotensi tidak dikenali ETI, biner kemungkinan bersifat universal di semua kecerdasan," jelas para ilmuwan.

Pesan ditutup dengan undangan bagi makhluk luar angkasa untuk merespons menggunakan peralatan teleskop radio mereka sendiri.

"Pesannya sederhana namun bermakna," kata para peneliti.

"Tujuannya adalah memulai dialog dengan makhluk luar angkasa, tidak masalah seberapa jauh hal itu mungkin terjadi di masa depan."

Proyek ini dibuat dengan dukungan dari Jet Propulsion Laboratory di California Institute of Technology, di bawah kontrak dengan NASA, dan NASA ROSES Exoplanet Research Program. [pan]

Baca juga:
Bisakah Manusia Menumbuhkan Daging di Luar Angkasa?
Peristiwa 20 April 1972: Keberhasilan Apollo Mendarat di Bulan
Ilmuwan Amati Jenis Ledakan Baru di Luar Angkasa
Ilmuwan Peringatkan NASA Bisa Picu Serangan Alien
Astronot China Kembali ke Bumi Setelah Enam Bulan di Luar Angkasa
Ilmuwan NASA Amati Komet Terbesar yang Pernah Terlihat Menuju Bumi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini