Dubes Oman Sebut Indonesia Tempat Terbaik Peringati Hari Toleransi Internasional

Sabtu, 16 November 2019 19:15 Reporter : Hari Ariyanti
Dubes Oman Sebut Indonesia Tempat Terbaik Peringati Hari Toleransi Internasional Pelukis Pasir Oman. ©Hari Ariyanti/Merdeka.com

Merdeka.com - Kedutaan Besar Kesultanan Oman menyelenggarakan konferensi toleransi dalam rangka peringatan Hari Toleransi Internasional pada Sabtu (16/11). Konferensi ini dihadiri sejumlah pembicara dari berbagai negara seperti Finlandia, Thailand, perwakilan Uni Eropa, dan lainnya.

Duta Besar Kesultanan Oman, Nazar bin Al Julanda bin Majid Al Said menyampaikan tak ada tempat yang lebih baik untuk menyelenggarakan acara ini kecuali Indonesia. Baginya, Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi toleransi.

"Penyelenggaraan hari toleransi pada hari ini tak ada tempat terbaik di dunia selain Jakarta (Indonesia), tanah Pancasila, dimana setiap orang tahu dan percaya toleransi lahir di Indonesia," kata dia di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/11).

Nazar mengatakan Oman dan Indonesia adalah negara yang sama-sama menjunjung tinggi toleransi. Pihaknya pun selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Toleransi Internasional dengan mengundang sejumlah akademisi dan NGO dari berbagai negara. Oman juga menyelenggarakan acara yang sama hari ini di Baku, Azerbaijan.

"Apa yang baru dari kegiatan ini adalah bahwa Oman dengan bantuan dari akademisi dan pemerintah Indonesia mencoba mencari inisiatif dalam rangka meningkatkan nilai-nilai dan moral universal khususnya bagi generasi muda, khususnya apa yang kita sebut dengan akhlak," kata dia.

Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi pintu bagi munculnya pemahaman bersama tentang pentingnya toleransi. Pemikiran dari para akademisi dan pemuka agama bisa melahirkan deklarasi universal terkait nilai-nilai yang dapat memperkuat toleransi antar manusia di dunia.

"Upaya bersama dalam memperkaya pemahaman kita tentang nilai-nilai moral dan kita akan bekerja bersama dalam menyebarkan nilai-nilai universal ini ke seluruh dunia," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Inisiatif Sultan

Nazar bin Al Julanda bin Majid Al Said mengatakan, berdasarkan sejarahnya, Oman dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi toleransi, bahkan sebelum Islam masuk ke negara tersebut. Saat Islam masuk, Oman menerima agama tersebut dengan damai dan pesan-pesan damai terus disebarkan ke seluruh dunia.

Kegiatan ini juga merupakan inisiatif Sultan Oman, Qaboos bin Said al Said. Qaboos dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu juru damai.

"Islam itu berarti salam atau damai. Jadi Yang Mulia Sultan sebenarnya menerapkan nilai itu ke masyarakat Oman dan beliau salah satu satu juru damai dunia dalam seluruh aspek. Dan beliau juga merepresentasikan nilai-nilai dan pengalaman masyarakat Oman dan alhamdulillah beliau seorang yang bijaksana dan dihormati seluruh dunia dan inisiatif ini secara personal berasal dari beliau dan beliau juga senang dengan negara yang damai seperti Indonesia," jelasnya.

Dalam membangun hubungan diplomatik, prinsip ini juga diterapkan Oman yaitu sebagai penebar kedamaian. Nazar mengatakan negaranya telah memiliki kredibilitas sebagai juru damai. Namun dia mengatakan, dalam urusan diplomatik pihaknya tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.

"Strategi politik internasional kami adalah kemajuan manusia dan kekuatan nilai-nilai kemanusiaan untuk semua. Kalau kita lihat lebih jauh, tidak terlalu berbeda dengan Pancasila," jelasnya.

"Kami juru damai tapi tidak menjadi fasilitator atau mediator, tidak, tapi kami menggalakkan dan mencoba menyatukan semua pihak dan berbagi pemahaman dan membangun kepercayaan antara sesama," jelasnya.

"Itulah pesan yang Oman sebarkan sepanjang sejarahnya," pungkasnya. [pan]

Baca juga:
Pesan Toleransi dari Pelukis Pasir Oman: Manusia Harus Berdamai dengan Semua Orang
Kian Mesranya Arab-Israel di Timur Tengah
Pesan Damai dan Toleransi dari Oman untuk Indonesia
Mossad Tuding Iran Di Balik Serangan ke Kapal Tanker di Teluk Oman
Bersitegang dengan Iran di Teluk Oman, AS Kirim 1.000 Tentara ke Timur Tengah

Topik berita Terkait:
  1. Oman
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini