8 Pasukan polisi paling brutal karena lakukan penyiksaan terhadap warga

Selasa, 3 April 2018 07:08 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
8 Pasukan polisi paling brutal karena lakukan penyiksaan terhadap warga Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Merdeka.com - Ada banyak rezim brutal dalam sejarah yang menggunakan jasa polisi rahasia untuk melakukan tindakan yang ekstrem. Setiap warga yang ditangkap akan disiksa atau dieksekusi secara massal. Bahkan polisi rahasia ini pernah membunuh para bangsawan.

Kerja polisi rahasia tersebut dipengaruhi dengan iklim politik, era dan metode. Jumlah korban mereka juga tak hanya satu atau dua, melainkan ribuan korban penyiksaan. Seperti dikutip dari The Richest, inilah 8 pasukan polisi rahasia yang paling kejam sepanjang sejarah:

1 dari 8 halaman

Gestapo

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Gestapo merupakan pasukan kedua setelah pasukan rahasia polisi Stalin, Hitler's Gestapo meneror Nazi selama 13 tahun. Mereka sebagai kekuatan utama untuk melakukan penindasan terhadap perbedaan pendapat terhadap rezim Nazi. Awalnya meneror dan menangkap orang Yahudi, kemudian menjadi pemain utama dalam kejadian Holocaust.

Ketika aparat partai Nazi berkembang, kendali Gestapo bergeser. Mereka di bawah kendali Heinrich Himmler selama Perang Dunia II. Dengan demikian, peran Gestapo juga berubah, dari sekadar pasukan polisi rahasia yang ditugasi sebagai intelijen dan penindasan musuh-musuh Nazi di Jerman, hingga menindas penduduk juga.

Gestapo menjadi semacam kekuatan paramiliter selama perang. Tapi setelah Jerman kalah dalam PD II, Pengadilan Nuremberg menyatakan Gestapo sebagai organisasi kriminal dan banyak anggotanya dieksekusi karena kejahatan perang.

2 dari 8 halaman

NKVD

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

NKVD (Narodnyi komissariat vnutrennykh del) pernah menjadi badan penegak hukum di Rusia. Badan ini berada langsung di bawah naungan Partai Komunis Se-Rusia (Bolshevik). NKVD seringkali disamakan dengan polisi rahasia dan dikenal dengan penindasan politik yang terjadi pada masa kepemimpinan Josef Stalin.

Pada bulan Juli 1934, NKVD bergabung dengan OGPU (Direktorat Utama untuk Keamanan Negara) atau Glavnoe Upravlenie Gosudarstvennoi Bezopasnosti — GUGB. Petugas NKVD akan melakukan tugasnya tanpa basa-basi saat menangkap orang.

3 dari 8 halaman

Oprichniki

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Keberadaan Oprichniki adalah untuk menekan orang atau kelompok yang menentang Tsar Ivan. Dia sering disebut "the Terrible" karena mengatur pembagian Rusia dari 1565 ke 1572. Kelompok ini dikenal sering meneror penduduk sipil. Malah mereka disebut "Tsar's Dogs". Itu karena mereka dikenal dengan kesetiaannya dan selalu mengenakan pakaian hitam.

Selain itu mereka juga membawa lambang kepala anjing yang terputus (artinya untuk mengendus pengkhianatan musuh Tsar) dan sapu (untuk menyapu mereka). Perlu diketahui, simbol kepala anjing artinya "menggigit kaki musuh Tsar".

Oprichniki diperintahkan untuk mengeksekusi orang yang tidak setia kepada Tsar dan menggunakan berbagai metode untuk menyiksa korban, termasuk mengikat anggota tubuh korban ke kuda yang berbeda, lalu kuda tersebut berjalan ke arah yang berlawanan. Selain itu, korban akan diikat ke tiang di atas api dan dipanggang.

Dalam insiden Novgorod, kaum Oprichnik membunuh sekitar 1500 bangsawan, meskipun jumlah korban sebenarnya tidak diketahui. Pada 1572, Oprichnik dibubarkan oleh Ivan.

4 dari 8 halaman

Santebal

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Santebal atau Khmer yang artinya "penjaga perdamaian", adalah cabang khusus dari rezim Khmer Merah di Kamboja. Biasanya mereka menjaga kamp penjara seperti Tuol Sleng (S-21) di mana ribuan orang dipenjara, disiksa dan dibunuh.

Mereka adalah bagian dari struktur organisasi Khmer Merah sebelum 17 April 1975 ketika Khmer Merah mengambil kendali atas Kamboja.

Pada Mei 1976, Kamerad Duch memindahkan markas besarnya ke lokasi terakhirnya, yaitu bekas sekolah menengah yang dikenal sebagai Tuol Sleng, yang bisa menampung hingga 1.500 tahanan.

Di Tuol Sleng, pembersihan besar-besaran dilakukan oleh kader-kader Khmer Merah dan ribuan tahanan disiksa dan dibunuh. Antara 1976 dan 1978, 20.000 orang Kamboja dipenjarakan di Tuol Sleng. Dari jumlah ini hanya tujuh orang dewasa yang diketahui selamat. Tuol Sleng memiliki 150 pusat eksekusi di negara ini.

5 dari 8 halaman

Securitate

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Polisi Rumania The Securitate merupakan bagian dari Kementerian Keamanan Negara. Mereka adalah agen polisi rahasia dari Republik Sosialis Rumania. Sebelumnya, polisi rahasia Rumania disebut Siguran?a Statului. Organisasi ini didirikan pada 30 Agustus 1948, dengan bantuan dari NKVD Soviet. Setelah penggulingan Nicolae Ceau?escu pada tahun 1989, DSS hidup sampai tahun 1991, ketika Parlemen menyetujui undang-undang mereorganisasi DSS ke berbagai subdivisi.

Securitate memiliki jumlah personil sebanyak dengan populasi Rumania, mereka salah satu pasukan polisi rahasia terbesar di Blok Timur. Securitate pernah mempekerjakan sekitar 11.000 agen dan memiliki setengah juta informan untuk sebuah negara dengan populasi 22 juta pada tahun 1985. Di bawah Ceau?escu, Sekuritat adalah salah satu pasukan polisi rahasia paling brutal di dunia, yang bertanggung jawab atas penangkapan, penyiksaan, dan kematian ribuan orang.

6 dari 8 halaman

SAVAK

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

SAVAK atau Organisasi Intelijen dan Keamanan Nasional adalah polisi rahasia, pihak keamanan dalam negeri dan dinas intelijen dinasti Pahlavi. Organisasi ini didirikan oleh Mohammad Reza Shah dari Iran dengan bantuan Badan Intelijen Pusat AS (CIA) dan MOSSAD Israel.

SAVAK beroperasi sejak 1957 hingga Revolusi Iran 1979. Mereka dibubarkan oleh Perdana Menteri Iran Shapour Bakhtiar saat pecahnya Revolusi Iran. SAVAK digambarkan sebagai "organisasi yang paling dibenci dan ditakuti" Iran sebelum revolusi 1979, karena mereka menyiksa dan mengeksekusi lawan-lawan rezim Pahlevi. Organisasi ini pernah memiliki sebanyak 60.000 pasukan.

7 dari 8 halaman

Biro Penindasan Kegiatan Komunis

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Biro Penindasan Kegiatan Komunis (Buro para Represión de las Actividades Comunistas, atau BRAC) adalah agen polisi rahasia Kuba yang dipelihara oleh Presiden Fulgencio Batista pada 1950-an. Mereka melakukan kegiatan yang brutal dalam melawan gerakan 26 Juli. Organisasi ini dipimpin oleh Mariano Faget, yang pernah tenar sebagai pemburu Nazi dari tahun 1940 hingga 1944.

Saat itu dia menjadi kepala Kantor Investigasi Kegiatan Musuh (Oficina de Investigación de Actividades Enemigas), unit anti-spionase yang menargetkan agen Nazi dan Fasis. Perkembangan BRAC dibantu dan didorong oleh CIA mulai tahun 1956.

8 dari 8 halaman

Stasi

Pasukan polisi terkejam di dunia. ©2018 The Richest

Kementerian Keamanan Negara Jerman umumnya dikenal sebagai Stasi. Mereka adalah dinas keamanan negara resmi dari Demokrat Jerman Republik (Jerman Timur). Mereka sebagai salah satu intelijen dan agen polisi rahasia yang paling efektif dan represif yang pernah ada.

Salah satu tugas utamanya adalah memata-matai penduduk, terutama melalui jaringan besar warga yang berubah menjadi informan, dan memerangi oposisi apa pun dengan tindakan terlihat dan tertutup, termasuk merusak psikologis para pembangkang. [mtf]

Baca juga:
Ini sosok Josef Mengele, dokter malaikat maut di balik kekejaman tragedi Holocaust
Jenderal pasukan Islam yang jadi legenda tak pernah kalah perang
Hanya di Indonesia, nama wilayah unik ini berasal dari kata buah
Kisah Dora Richter, wanita transgender penerima operasi kelamin pertama di dunia
Penemuan makam bangsa Chimu dari abad ke-10 di Peru
Sejarah akar konflik sektarian di Sri Lanka
Mengunjungi klenteng Hok Lay Kiong yang diperkirakan berusia 350 tahun

Topik berita Terkait:
  1. Polisi
  2. Sejarah
  3. Polisi Arogan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini