14 Tahun hilang dicuri, lukisan Van Gogh akhirnya ditemukan

Selasa, 21 Maret 2017 20:05 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
14 Tahun hilang dicuri, lukisan Van Gogh akhirnya ditemukan View of the Sea at Scheveningen. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua karya pelukis era 1880-an, Van Gogh sempat dicuri pada 2002 kini kembali ditemukan di Amsterdam, Belanda. Lukisan dengan judul 'View of the Sea at Scheveningen' atau Pemandangan Laut di Scheveningen, dan 'Congregation Leave the Reformed Church in Nuenen' atau Kongregasi Meninggalkan Reformasi Gereja di Nuenen ini merupakan lukisan yang penting bagi sang pencipta.

"Mereka (dua lukisan Van Gogh) kembali," ujar Direktur Museum Van Gogh Axel Rueger, seperti dilansir dari The Star, Selasa (21/3).

Kedua karya ini masing-masing dibuat pada 1882 dan 1884. Periode tersebut sangat penting untuk pengembangan keahlian, pasca impresionis sebagai pelukis.

Dua lukisan itu masing-masing dihargai para peneliti, saat pemulihan dengan polisi Italia enam bulan lalu, dengan harga 50 juta euro (setara Rp 719,2 miliar). Karya Van Gogh ini ditemukan jauh di jantung Italia pada September lalu.

Jaksa menyebutkan, lukisan tersebut tersembunyi di dinding palsu sebuah villa milik Raffaele Imperiale. Dia dituduh sebagai mafia kokain internasional.

Lukisan Pemandangan Laut di Scheveningen menggambarkan gelombang yang menghempas sebuah kapal di lepas pantai, di bawah langit Belanda. Sementara itu, karya lainnya menggambarkan gereja di selatan Belanda, tepatnya Provinsi Barbant, di mana ayah Van Gogh menjabat sebagai menteri.

"Anak-anak (dua lukisan) sudah kembali dan mereka benar-benar aman di sini," tukas Rueger senang.

Dia menyebutkan, lukisan ini disimpan dalam kaca tebal dan akan tetap di sana untuk bisa dilihat para generasi mendatang.

Sementara itu, penyelidik Italia yakin Imperiale kini tinggal di Dubai dan menjalankan bisnis konstruksi di sana. Sementara itu, penangkapan 11 anggota lingkaran bisnisnya membawa para penyelidik bertemu dengan lukisan sang maestro.

Lukisan ini hilang pada 2002 usai pencuri naik atap museum dan masuk ke bangunan tersebut. Untuk mencuri lukisan ini, hanya dibutuhkan empat menit. Mereka kabur dengan cara meluncur menggunakan tali. [che]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini