10 Gejala PMS yang terjadi sebelum menstruasi

Reporter : Destriyana | Kamis, 21 Maret 2013 11:08




10 Gejala PMS yang terjadi sebelum menstruasi
Ilustrasi tanda menstruasi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ana Blazic Pavlovic

Merdeka.com - Nafsu makan tiba-tiba bertambah dan jadi mudah marah? Itu pertanda Anda sedang mengalami PMS atau Pre-menstrual Syndrome (PMS). Ini adalah sekumpulan gejala fisik dan emosional yang kerap muncul menjelang periode menstruasi. Meski demikian, gejala PMS berbeda antara wanita satu dengan lainnya. Nah ladies, berikut adalah gejala PMS yang umum terjadi sebelum periode menstruasi, seperti dilansir Boldsky.

1. Vagina kering

Keluar cairan putih sebelum menstruasi itu sangat normal. Namun, beberapa wanita tidak mengalami hal itu, melainkan menderita kekeringan vagina. Hal ini kerap mengakibatkan rasa sakit ketika bercinta.

2. Sekresi serviks

Kebanyakan wanita akan mendapatkan sekresi serviks yang berupa cairan seperti susu berwarna putih yang biasanya terjadi satu atau dua hari sebelum menstruasi.

3. Sakit punggung

Kram menstruasi akan dirasakan sebelum menstruasi dimulai. Wanita akan merasakan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk punggung, paha dalam dan perut.

4. Payudara terasa lebih lembut

Ini adalah salah satu dari tanda-tanda umum menjelang menstruasi. Payudara menjadi terasa lembut dan terkadang berat sebelum menstruasi.

5. Nyeri pada payudara

Banyak wanita yang mengeluhkan rasa nyeri pada payudara mereka menjelang menstruasi. Bahkan, tekanan lembut pada payudara bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

6. Sakit kepala

Sebelum menstruasi, sebagian wanita merasakan rasa sakit di kepala dan rasa malas yang muncul begitu saja. Itu tentu terjadi secara alami.

7. Merasa haus

Para wanita akan mengalami retensi air beberapa hari sebelum periode menstruasi mereka datang. Perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

8. Ngidam

Ngidam tidak hanya terjadi saat kehamilan saja, tetapi juga saat menjelang menstruasi. Tanpa alasan jelas, Anda akan merasa sangat ingin makan sesuatu serta mengalami lonjakan nafsu makan yang tidak biasa.

9. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati sering dialami oleh wanita menjelang menstruasi. Anda tiba-tiba akan merasa sangat sedih atau senang tanpa alasan yang jelas. Bahkan tak jarang, perasaan sensitif itu membuat wanita merasa mudah marah dan naik pitam.

10. Kelelahan

Banyak wanita menderita kelelahan dan kemalasan sebelum menstruasi datang. Merasa malas dan mengantuk? Ini merupakan tanda Anda akan mendapatkan menstruasi.

Inilah sepuluh gejala umum yang terjadi pada seorang wanita ketika hendak mengalami menstruasi. Kenali gejalanya dan jagalah kesehatan tubuh agar tidak drop saat menstruasi. Sebab, tubuh wanita akan menjadi tidak stabil saat dia mengalami menstruasi sehingga, rentan terhadap berbagai penyakit.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Video pria bergaya mirip anggota ISIS lakukan Tantangan Ember Es
  • Kasus asusila, Gubernur Riau Annas usia 74 tahun dipolisikan
  • Warga Bandung kesal rombongan Ferrari bikin macet
  • Pengunjung Dieng Culture Festival capai 26 ribu orang
  • Kapolsek Ampenan tangkap kapolsek Ampenan gadungan
  • Hardware smartphone makin baik, masih perlukah root Android?
  • Hengky Kurniawan Buat Pemuda Ini Cinta Seni Akting
  • Dokter di Semarang jadi korban penipuan HP online
  • Pakar sebut budaya Arab mulai masuki kawasan Puncak
  • PBNU pesani Jokowi: Jangan sampai gunakan negara untuk partai
  • SHOW MORE