Foto perempuan pertama kali muncul di buku pelajaran Saudi

Reporter : Pandasurya Wijaya | Selasa, 4 Desember 2012 19:17

Foto perempuan pertama kali muncul di buku pelajaran Saudi
Gadis Saudi. latimesblogs.latimes.com

Merdeka.com - Foto perempuan pertama kali muncul di buku pelajaran bahasa Inggris di Arab Saudi setelah sistem pendidikan negara itu sempat melarang memasang gambar kaum hawa di semua buku untuk anak sekolah sejak 1926 .


Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Selasa (4/12), Pada tahun ajaran kali ini sejumlah buku pelajaran menampilkan foto perempuan. Terbitan pertama buku pelajaran itu kini masih dalam tahap percobaan. Pemerintah akan mengedarkan buku itu sepenuhnya pada akhir tahun ajaran., seperti dikutip surat kabar the al-Hayat.

Meski foto perempuan di buku itu masih mengenakan jilbab, langkah itu dinilai merupakan perubahan penting dalam sejarah buku sekolah di Saudi. Sebelumnya pemerintah hanya mengizinkan gambar perempuan di buku sekolah.

Dalam buku bahasa Inggris kelas tiga Sekolah Menengah Atas ada foto perawat memakai jilbab dan masker sedang menyiapkan suntikan. Di buku itu juga ada foto perempuan sedang berdiri di laboratorium. Perempuan itu tidak mengenakan jilbab tapi kemudian di sampul depan buku itu wajahnya ditutupi cadar.

Munculnya foto perempuan di buku sekolah itu bukan satu-satunya perubahan dalam kurikulum bahasa Inggris di Saudi. Buku-buku sekolah itu juga membahas sejumlah peran perempuan di bidang pekerjaan profesional.

[fas]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Arab Saudi

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE