Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Diturunkan, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

Rabu, 8 Mei 2019 20:27 Reporter : Merdeka
Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Diturunkan, Ini Tanggapan Garuda Indonesia Garuda Indonesia. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi sinyal akan menurunkan tarif batas atas tiket pesawat pada Senin pekan depan.

Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Pikri Ilham Kurniansyah menuturkan, sebagai operator, perusahaan menunggu keputusan dari Kemenhub.

"Saya kira ini sudah dibahas di Kemenko, Menhub, dan Menteri BUMN. Ya sebagai operator kita tunggu saja apa keputusannya. Kita tunduk kepada regulasi dan pemegang saham," terangnya di Jakarta, Rabu (8/5).

Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan tiket pesawat menjadi tinggi yakni fuel, kedua perawatan, sewa pesawat.

"Itu sudah 70 persen dolar semua, pendapatan kita rupiah. Jadi penurunan tarif batas atas itu rumit sekali. Harus ada penurunan cost nya, jadi kalau ada penurunan cost, struktur cost nya turun sehingga akibatnya perhitungan tarif batas atas turun bagi maskapai tidak bermasalah," ucapnya.

"Jadi pemerintah itu bukan menurunkan tarif batas atas tapi struktur cost. Biaya mana yang bisa menyebabkan turun, karena kan industri harus dilindungi," tambah dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini