Sri Mulyani Sebut Perubahan Iklim Penting Dibahas Saat Ini

Jumat, 11 Juni 2021 10:55 Reporter : Anggun P. Situmorang
Sri Mulyani Sebut Perubahan Iklim Penting Dibahas Saat Ini Menkeu Sri Mulyani. ©Biro KLI Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam Climate Change Challenge dengan tema Preparing for Indonesia's Green and Sustainable Future. Dalam kesempatan tersebut dia menyebut, tema ini sangat penting diangkat di tengah pandemi Covid yang menunjukkan pemulihan positif.

"Tema ini begitu sangat mengena dan sangat penting dan tepat waktu, meskipun demikian seperti yang dikatakan oleh Prof Ari (Rektor UI) bahwa kita juga pada saat yang sama sedang menghadapi sebuah tantangan Global yang nyata yaitu Covid-19," ujarnya, Jakarta, Jumat (11/6).

Meski suatu prioritas, pembahasan climate change terhalang oleg Covid-19 yang menyedot seluruh perhatian negara di dunia. "Oleh karena itu seluruh sumber daya perhatian ekonomi politik kita atau policy secara umum ditujukan kepada bagaimana menangani sebuah tantangan yang luar biasa saat ini," katanya.

Dia melanjutkan, perjalanan Covid-19 saat ini sudah menunjukkan pemulihan positif. Berbagai negara didunia secara perlahan mulai melakukan vaksinasi masyarakatnya, tidak hanya itu kepatuhan terhadap protokol kesehatan juga terus menerus ditingkatkan.

"Sampai hari ini di berbagai negara menunjukkan tanda-tanda yang positif yaitu mereka yang sudah berhasil melakukan vaksinasi dan pengendalian terus diupayakan. Negara yang melakukan ini maka ekonominya mulai tumbuh dan ekonominya mulai recover secara cepat," kata Sri Mulyani.

Berbeda dengan negara lain di dunia, Indonesia sendiri kinu mengalami peningkatan kasus. Hal tersebut menjadi satu kewaspadaan bagi pemerintah.

"Indonesia menunjukkan adanya gelombang kenaikan. Kita perlu melakukan kewaspadaaan yang cukup tinggi karena kita berharap sebetulnya 2021 ini dengan adanya vaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan, kita berharap pemulihan ekonomi rebound dan recovery yang berlanjit pada kuartal II dan kuartal selanjutnya," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini