Siapa paling banyak dikunjungi, Restoran Padang, McDonald atau KFC?

Senin, 17 September 2018 08:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Siapa paling banyak dikunjungi, Restoran Padang, McDonald atau KFC? KFC. Brisbane / Shutterstock.com

Merdeka.com - Roy Morgan, dalam sebuah penelitiannya, mencatat sebanyak 55 juta penduduk Indonesia berusia 14 tahun ke atas gemar jajan di restoran. Penelitian dilakukan sepanjang April 2017 hingga Maret 2018.

Dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Senin (17/9), meski memiliki jumlah restoran lebih kecil dibanding Australia ataupun Selandia Baru, namun pengunjung restoran Indonesia lebih besar dari keduanya. Jumlah pengunjung restoran cepat saji Indonesia tiga kali lipat lebih banyak dari 17 juta milik Australia.

"Telah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menyajikan kesempatan besar untuk para pebisnis melebarkan sayapnya. Dengan jumlah 55 juta penduduk gemar mengunjungi restoran cepat saji, dan pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen, angka tersebut bisa meningkat signifikan di tahun-tahun mendatang," ujar CEO Roy Morgan, Michele Levine.

Ternyata, hasil penelitian Roy Morgan, menunjukkan Restoran Padang Sederhana menjadi yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. Di mana, sekitar 28,4 juta masyarakat mengunjungi resto padang dalam jangka waktu rerata enam bulan.

KFC menempati posisi kedua dengan jumlah pengunjung sebanyak 24 juta orang. Di posisi ketiga ialah McDonald sebesar 7,7 juta pengunjung. Pizza Hut menempati posisi keempat dengan 6,5 juta pengunjung.

Sisanya ditempati oleh Solaria, A&W, D'Cost, Hoka Hoka Bento, Texas Fried Chicken, dan Es Teler 77 yang memiliki rata-rata sekitar 1 juta pengunjung dalam enam bulan.

Roy Morgan juga mencatat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) memiliki restoran cepat saji terbanyak. Hal ini tak aneh, sebab, Jabodetabek memiliki 21 juta penduduk berusia 14 tahun ke atas atau setara jumlah total penduduk Australia. Lebih dari 12 juta penduduk Jabodetabek mengunjungi restoran cepat saji.

Namun, kebalikan dari hasil nasional, KFC justru menjadi juara dalam jumlah pengunjung di Jabodetabek. Sekitar 8,5 juta atau 40,2 persen penduduk Jabodetabek mengunjungi KFC. Sementara, Restoran Padang hanya dikunjungi 4,5 juta atau 21,3 persen.

McDonald tetap menempati urutan ketiga dengan 17,8 persen, Pizza Hut 12,6 persen dan Solaria 8,5 persen. "Meski begitu, patut diingat, bahwa 43 juta penduduk pecinta restoran cepat saji lainnya tinggal di daerah lain di seluruh Indonesia," jelas Levine.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini