Siap Lengserkan Donald Trump, Miliuner Tom Steyer Maju jadi Capres AS

Kamis, 11 Juli 2019 22:00 Reporter : Merdeka
Siap Lengserkan Donald Trump, Miliuner Tom Steyer Maju jadi Capres AS Miliarder Tom Steyer resmi maju sebagai capres AS. ©2019 Dok: Tom Steyer

Merdeka.com - Miliuner Tom Steyer (62) menjadi miliuner pertama yang resmi maju menjadi kandidat presiden Amerika Serikat (AS). Pria ini juga terkenal ingin memakzulkan Presiden Donald Trump.

Lewat video berdurasi 4:04 menit, Steyer mengumumkan pencalonannya sebagai presiden dan berkata sistem demokrasi dan politisi sedang tidak sehat karena tidak mengutamakan rakyat.

"Saya pikir rakyat percaya bahwa sistem telah menelantarkan mereka. Saya pikir rakyat percaya bahwa dunia korporat telah membeli demokrasi. Bahwa para politikus tidak peduli atau menghormati mereka," ujar Steyer.

Kepada NBC News, miliuner ini mengaku bukanlah boneka dari siapapun. Pria ini juga prihatin atas masih AS di bawah kepresidenan Donald Trump.

"Saya sampai tak bisa tidur karena memikirkan di mana posisi kita sebagai negara," ujar Steyer.

Menurut Forbes, kekayaan Tom Steyer saat ini adalah USD 1,6 miliar atau Rp22,6 triliun (USD 1 = Rp14.136). Hartanya berasal dari sektor keuangan, namun dia sudah beralih fokus ke dunia politik dan lingkungan sejak 2012.

Sang miliuner harus bersaing dengan Senator Elizabeth Warren, mantan Wakil Presiden Joe Biden, hingga penasihat spiritual Marianne Williamson, demi terpilih sebagai kandidat Partai Demokrat.

Pilpres AS akan berlangsung pada tahun depan. Presiden Donald Trump sudah menyatakan berminat untuk lanjut ke periode dua.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini