Sediakan air bersih di Palu, ESDM siapkan puluhan sumur bor

Jumat, 12 Oktober 2018 18:54 Reporter : Dwi Aditya Putra
Arcandra Tahar. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Ketersediaan air bersih masih menjadi kebutuhan paling mendesak bagi masyarakat Kota Palu, Sulawesi Tengah pasca kejadian gempa dan tsunami yang menimpa di kawasan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pemerintah pun telah melakukan pengerjaan sumur bor di beberapa titik kawasan yang terdampak gempa.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di lokasi terdampak gempa, pihaknya sudah memetakan sekitar 50 titik yang rencananya akan dilakukan pengeboran. Namun dari 50 titik tersebut baru ada sekitar 23 yang sudah teridentifikasi.

"Kemarin di dekat campnya ESDM, sudah dilakukan pengeboran untuk sumur air. Telah terdata 23 titik sudah terindentifikasi, di mana 5 sudah selesai dan 6 titik dalam proses pemboran," kata Arcandra, saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (12/10).

Sebelumnya, untuk mengatasi persoalan air bersih Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengirimkan armada truk tangki air serta sarana dan prasarana air bersih. Sebab krisis air bersih di lokasi terdampak pasca gempa bumi dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah masih dirasakan warga.

Sejumlah warga korban tsunami Palu masih mengeluhkan persoalan air bersih. Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M Hadi.

"Ketersediaan air bersih menjadi yang utama dalam kondisi darurat semacam ini. Adanya pengiriman truk rangki air bersih ini sebagai bentuk pelayanan penting PMI untuk memastikan ketersediaan air bersih dan sanitasi. Tentunya, demi keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi," ucap Arifin dalam keterangan rilis PMI, Minggu (7/10).

Sebanyak 20 unit truk tangki air dari berbagai regional PMI dikirimkan ke beberapa lokasi di Sulawesi Tengah. Truk tangki air bersih setiap hari beroperasi memasok kebutuhan pengungsi yang tersebar di beberapa titik di sejumlah lokasi terparah gempa dan tsunami Palu. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini