Produsen Biofuel Ujicoba B30, Ditarget Selesai September 2019

Kamis, 2 Mei 2019 20:04 Reporter : Merdeka
Produsen Biofuel Ujicoba B30, Ditarget Selesai September 2019 Peluncuran perluasan penggunaan Biodiesel. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) bersama pemerintah akan melakukan ujicoba penggunaan solar, yang telah dicampur 30 persen biodiesel (B30) dalam waktu dekat. Ujicoba penggunaan B30 dilakukan pada kendaraan, dengan menempuh jarak 40 kilo meter (km) dengan berbagai medan, meliputi dataran tinggi dan rendah, kondisi lalulintas macet dan lancar.

"Kita uji coba ke Bandung-Cirebon-Guci tegal," kata ‎Ketua Aprobi, Paulus Cakrawan, di Jakarta, Kamis (2/5).

Menurut Paulus, ujicoba diperkirakan paling lama selesai pada September 2019. Jika ujicoba membuahkan hasil positif, Aprobi ingin program B30 bisa segera diimplementasikan. "Sampai September perkiraan. Bertekad lebih cepat, kalau bisa pertengahan Juli. Bisa maju kalau tes sudah oke. Q4 bisa masuk," tuturnya.

Dalam ujicoba B30, Aprobi melakukannya bersama Kementerian‎ Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan, kendaraan yang diujicoba merupakan sumbangan dari Gabungan Agen Tunggal Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Semua mobil yang ikut (ujicoba biodiesel 30) begitu. Mitsubishi, Hino dll. Ada yang di Bandung dan Jakarta. Kalau sudah nanti uji jalan 40.000 Km," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini