PLN Gandeng Asosiasi Koki Indonesia Beri Bantuan ke Daerah Terdampak Bencana

Selasa, 28 Mei 2019 21:16 Reporter : Siti Nur Azzura
PLN Gandeng Asosiasi Koki Indonesia Beri Bantuan ke Daerah Terdampak Bencana gempa palu. ©Liputan6.com/nandaperdanaputra

Merdeka.com - Indonesian Chef Association (ICA) dan Tim Reaksi Cepat PLN bekerja sama untuk membantu relawan dan para korban terdampak bencana alam, salah satunya melalui penyediaan makanan. Mengingat, pekerjaan relawan sangat berat dan kerap kali melampaui beban kerja di masa normal.

"Ketika berada di daerah bencana, memang makanan yang tersedia untuk relawan kondisinya ala kadarnya, yang penting ada. Ini yang kurang baik karena bisa berdampak pada kesehatan para relawan maupun masyarakat korban bencana yang sangat memerlukan makanan bergizi," kata Anggota ICA Shanty Dewi Nurhayani dikutip Antara, Selasa (28/5).

Untuk itu ICA, yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, anggotanya kerap terjun ke lokasi bencana alam untuk membantu organisasi, baik pemerintah, sosial maupun swasta untuk mengelola dapur umum yang digelar berbagai institusi tersebut.

Menurut data yang dikutip dari Departemen Corporate Communication & CSR PT PLN (Persero), TRC PLN yang diinisiasi oleh Direksi PLN tersebut, memiliki misi kemanusiaan dalam dua bentuk, yakni melakukan pencarian dan penyelamatan (search and rescue) korban bencana di wilayah berair dan daerah berketinggian, serta penyediaan dapur umum.

"TRC PLN benar-benar menginginkan makanan bernutrisi lengkap dan dengan rasa yang sesuai dengan cita rasa lokal daerah tersebut. Ini membuat kami kagum dengan komitmen TRC PLN yang sepenuh hati," imbuhnya.

Dia mengusulkan, ke depannya agar TRC PLN menyiapkan food truck untuk menampung alat masak yang akan digunakan di dapur umum. Sebab, peralatan masak yang dibutuhkan untuk membuat ribuan porsi makanan, tidak sama dengan proses produksi memasak seperti yang biasa dilakukan.

Menurutnya, dengan tersedianya penyimpanan food truck di sejumlah titik di Indonesia membuat TRC PLN semakin cepat merespon bencana. "Saya kagum dengan dedikasi karyawan PLN. Saya melihat sendiri mereka tak kenal lelah tanpa mengeluh melayani ribuan orang dari pagi ke pagi lagi," tandasnya. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. PLN
  2. Koki Indonesia
  3. Bencana Alam
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini